Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Barito Timur Safari Nyepi di Kecamatan Dusun Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 April 2024 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar melakukan Safari Nyepi Tahun Baru Caka 1946 di Balai Hante Kecamatan Dusun Timur, Senin, 1 April 2024.

Turut hadir dalam acara tersebut para asisten Sekda dan staf ahli Bupati, Camat Dusun Timur, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Sekda Barito Timur menyampaikan safari Nyepi merupakan agenda tahunan Pemkab Barito Timur untuk bersilaturahmi dengan umat Hindu.

“Ini sejalan dengan ajaran agama Hindu yaitu, Dharma Santhi yang merupakan rangkaian terakhir dari Hari Raya Nyepi,” katanya.

Panahan menambahkan, safari Nyepi juga merupakan ajang untuk memantapkan hubungan personal sebagai sesama manusia agar tercipta suatu keharmonisan bagi semua mahluk. 

“Selain itu, juga untuk saling memaafkan bila terjadi kesalahan, kekeliruan yang pernah kita lakukan,” tuturnya.

Sekda mengatakan, pemerintah telah berupaya untuk menciptakan situasi yang kondusif dengan melaksanakan berbagai program strategis pembangunan. Salah satunya adalah terwujudnya penerapan nilai-nilai agama dalam perilaku kehidupan berbangsa dan bernegara dengan meningkatkan kesadaran umat beragama, dengan kerukunan hidup, solidaritas dan rasa kebersamaan antar umat beragama, meningkatkan peran dan fungsi lembaga keagamaan dalam mengatasi dampak negatif perubahan sosial.

Dia menambahkan, Pemkab Barito Timur sangat mendukung semua kegiatan keagamaan karena hal ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan persatuan dan kerukunan umat beragama yang meliputi hubungan antar umat beragama, intern umat beragama dan hubungan umat beragama dengan pemerintah.

Karena itu Panahan berharap, safari nyepi dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses, sehingga dapat menjadi motivasi kuat bagi umat Hindu di Barito Timur dalam memantapkan Sradha Bhakti kepada Sang Hyang Widi Wasa.

“Semoga Dharma Santhi ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kepentingan umat Hindu dan masyarakat pada umumnya sesuai harapan kita bersama,” ucapnya.

Berita Terbaru