Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 April 2024 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapplitbangda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045, di Aula Bapplitbangda, Selasa, 2 April 2024.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Barito Timur Indra Gunawan dan dihadiri asisten dan staf ahli, kepala perangkat daerah, Camat se-Barito Timur, tim pendamping RPJPD, pimpinan instansi vertikal, pimpinan perusahaan, pimpinan perbankan, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Dalam sambutanya Pj Bupati Barito Timur mengatakan, penyusunan RPJPD 2025-2045 memiliki urgensi. Urgensi yang dimaksud yaitu sebagai upaya nyata perwujudan pembangunan daerah yang merupakan bagian integral dari perwujudan Indonesia Emas tahun 2045.

"RPJPD periode 2005-2025 akan segera berakhir bertepatan dengan momentum Pilkada Serentak tahun 2024. Pada Pilkada serentak tahun 2024 setiap bakal calon kepala daerah harus menyusun visi dan misi sesuai dengan rancangan teknokratik RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang dalam proses penyusunannya berpedoman pada RPJPD yang baru periode 2025-2045. Menjaga sinkronisasi kerangka logis rancangan RPJPN 2025-2045 dengan RPJPD,” jelasnya menyampaikan alasan mengapa RPJPD harus segera rampung.

Indra Gunawan kemudian menyampaikan visi pembangunan jangka panjang Barito Timur tahun 2025-2045.

“Visi pembangunan jangka panjang Kabupaten Barito Timur tahun 2025-2045 adalah Barito Timur menuju kabupaten yang bertumbuh, adil, mandiri dan berkelanjutan atau di singkat Bartim Beramal,” paparnya.

Menurut Pj Bupati, upaya mencapai visi itu tetap memperhatikan perubahan paradigma pembangunan nasional, provinsi dan isu-isu strategis serta kondisi yang akan dihadapi Barito Timur pada masa yang akan datang.

“Maka dirumuskan misi pembangunan Kabupaten Barito Timur, menciptakan pemerataan pembangunan dan berkeadilan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mewujudkan pembangunan yang terbuka, tertib dan humanis, mewujudkan perekonomian masyarakat yang berdaya saing, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan adaptif serta meningkatkan daya dukung dan kualitas lingkungan,” ungkapnya.

Pencapaian visi dan misi pembangunan jangka panjang daerah menjadi dasar bagi perumusan arah kebijakan daerah selama 20 tahun. Selanjutnya, arah kebijakan pembangunan di Barito Timur dibagi ke dalam empat periode RPJMD.

Periode I tahun 2025-2029 diarahkan untuk pembangunan di berbagai bidang yang didukung oleh penyediaan infrastruktur dan suprastruktur.

Kemudian periode II tahun 2030- 2034 ditujukan untuk lebih memantapkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di berbagai bidang yang didukung oleh ketersediaan infrastruktur dan suprastruktur yang terjangkau.

Periode III tahun 2035-2039 ditujukan untuk lebih memantapkan pada peningkatan kualitas pembangunan yang berwawasan lingkungan dan peningkatan perekonomian daerah yang berdaya saing.

Selanjutnya periode IV tahun 2040-2045 ditekankan pada pemantapan perekonomian yang kokoh, adil dan berkelanjutan dalam mencapai kesejahteraan masyarakat dan pemerataan Pembangunan.

“Melalui rapat Musrenbang RPJPD ini saya berharap dapat memberikan masukan dan pendapat guna terwujudnya masyarakat Kabupaten Barito Timur Menuju Gumi Jari Janang Kalalawah,” tandas Pj Bupati. (BOLE MALO/Y)

Berita Terbaru