Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa MIN 5 Kota Palangka Raya Bayar Zakat Fitrah Sendiri

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 April 2024 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Madrasah Ibtidaiyah Negeri atau MIN 5 Kota Palangka Raya menerima dan menyalurkan zakat fitrah, zakat mal, infak dan sedekah dari siswa, orang tua dan masyarakat sekitar. Hal itu sesuai edaran yang disampaikan Kepala MIN 5 Palangka Raya per tanggal 27 Maret 2024.

Zakat merupakan bagian dari kewajiban seorang muslim, sebagaimana disebutkan dalam QS. at Taubah : 103 : "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka ...", QS al Baqarah : 43 : " Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku ".

Hadis Nabi SAW : "Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha' kurma atau gandum (makanan pokok) atas orang muslim baik budak, orang biasa, laki-laki dan wanita, anak-anak dan orang dewasa, sebelum berangkat sholat Idul Fitri". (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hal membayar zakat fitrah, siswa MIN 5 Kota Palangka Raya diharapkan langsung menyampaikannya kepada panitia Zakat Infak Sedekah atau ZIS madrasah. Di mana siswa saat menyerahkan zakat terlebih dahulu melafalkan niat dan akad penyerahan zakat yang diterima serta dibacakan doa oleh panitia ZIS.

"Semangat kepedulian kepada sesama siswa disalurkan melalui zakat fitrah, infak dan sedekah. Pada momen ini siswa diajarkan cara membayar zakat, melafalkan niat serta mengetahui kewajibannya dalam membayar zakat fitrah," kata Kepala MIN 5 Kota Palangka Raya Muhamad Asran Dirun kepada Borneonews pada Selasa, 2 April 2024.

Aktivitas penerimaan zakat ini, terang Asran, merupakan bagian dari kegiatan Ramadhan Pride Madrasah, yang di dalamnya ada kegiatan pesantren Ramadhan, Penerimaan zakat dan buka puasa bersama.

"Zakat yang sudah terkumpul akan disalurkan saat acara buka puasa bersama pada Jumat, 5 April 2024. Dengan harapan, zakat yang sudah disalurkan kepada warga madrasah yang tidak mampu bisa bermanfaat sehingga mereka bisa merasakan kebahagiaan saat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga," pungkasnya.

Menyadari pentingnya berbagi rezeki kepada yang membutuhkan, peserta didik MIN 5 Kota Palangka Raya beramai-ramai mengumpulkan zakat fitrah mereka untuk disalurkan kepada yang membutuhkan di masyarakat. Tindakan ini tidak hanya menjadi bagian dari kewajiban agama, tetapi juga sebagai wujud nyata kepedulian sosial dalam membantu meringankan beban sesama.

Zakat fitrah yang telah terkumpul akan disalurkan kepada yang membutuhkan melalui berbagai program sosial yang telah direncanakan oleh pihak madrasah, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara luas oleh masyarakat yang membutuhkan, sehingga menjadikan Ramadan tahun ini lebih bermakna bagi semua pihak yang terlibat. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru