Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Uang Palsu Saat Lebaran

  • Oleh Marini
  • 02 April 2024 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dengan mendekatnya Lebaran Idul Fitri, transaksi konsumen mulai meningkat. Namun, hal ini juga menjadi celah bagi sindikat pemalsu mata uang untuk menyebar uang palsu.

Untuk itu wakil rakyat, dari lembaga DPRD Provinsi Kalteng mengingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi kriminalitas yang semakin meningkat, termasuk peredaran uang palsu.

Menurutnya, Anggota DPRD Provinsi Kalteng, Siti Nafsiah mengatakan bahwa saat Ramadan tiba, transaksi keuangan cenderung meningkat, dan ini dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan uang palsu.

"Karena peredaran uang palsu merugikan dan mengganggu stabilitas ekonomi. Masyarakat harus lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi selama bulan Ramadan," katanya, Selasa, 2 April 2024.

Terlebih lagi katanya mejelang lebaran nantinya pasti akan marak jasa penukaran uang, sehingga kewaspadaan agar lebih ditingkatkan jangan sampai usaha jasa penukaran uang merugi.

"Para jasa penukaran uang jangan sampai tertipu, pastikan ketika ada yang hendak menukar uang agar dicek keaslian uang tersebut," jelasnya.

Dirinya juga meminta, kepada pemerintah daerah melalui instansi terkait bekerja sama dengan aparat penegak hukum, agar dapat meningkatkan pengawasan peredaran uang palsu ditengah-tengah masyarakat.

"Lakukan monitoring pada peredaran uang saat jelang Lebaran," tandasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru