Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polda Kalteng Intensifkan Pengawasan Harga Pangan Jelang Lebaran

  • Oleh ANTARA
  • 04 April 2024 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) mengintensifkan pengawasan harga pangan di pasar-pasar tradisional di provinsi setempat menjelang Lebaran 1445 Hijriyah.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Rabu, mengatakan pemantauan dilakukan oleh personel Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda setempat ke setiap pasar yang ada di daerah terkait, seperti ketersediaan bahan pokok serta harga bahan pangan menjelang Lebaran yang tinggal beberapa hari lagi.

"Sampai saat ini ketersediaan bahan pokok serta harga di pasaran masih stabil. Kalau toh ada kenaikan tentunya masih dalam kondisi yang wajar-wajar saja dan tidak meresahkan masyarakat," katanya.
 
Menurut dia, informasi yang dihimpun menunjukkan permintaan sejumlah bahan pangan seperti ayam potong broiler, daging sapi dan lainnya mengalami kenaikan cukup tinggi pada  Ramadhan 1445 Hijriyah.

"Semua bahan pokok penting ketersediaannya aman dan harganya juga masih stabil. Kami tidak akan pernah diam dalam persoalan ini, karena ini harus dilakukan pengawasan karena bisa saja penyebab kenaikan harga atas adanya permainan oknum tengkulak di pasar sehingga bahan pangan dibuat menjadi langka dan sebagainya," katanya.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu juga meminta masyarakat segera melaporkan apabila ada oknum-oknum pedagang atau tengkulak yang memainkan harga bahan pokok penting.

"Karena kalau tidak dilaporkan perbuatan oknum tersebut, takutnya akan berimbas ke bahan pokok lainnya sehingga membuat resah masyarakat yang berada di daerah setempat. Pokoknya kami siap melindungi identitas warga yang melaporkan terkait hal-hal seperti itu. Bahkan oknum yang melakukan penimbunan bahan pokok, mempermainkan harga menjadi mahal, tentunya segera ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku," demikian Erlan Munaji.

Dari pantauan di lapangan, aktivitas di kawasan Pasar Besar Palangka Raya hingga sampai saat ini aman dan tidak ada terlihat gangguan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Meskipun aman dan tidak ada gangguan, kepolisian di daerah setempat juga gencar melakukan pemantauan aktivitas di kawasan pasar agar para pengunjung merasa aman nyaman saat berbelanja.

ANTARA

Berita Terbaru