Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Kalteng Imbau Utamakan Keselamatan saat Mudik Lebaran

  • Oleh Marini
  • 04 April 2024 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kalteng, Yulindra Dedy mengingatkan, masyarakat agar selalu memerhatikan dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Ini ia sampaikan supaya perjalanan arus mudik lebaran berjalan aman dan lancar.  

"Masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran dalam peringatan hari raya idulfitri 1445 hijriah diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan matang. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama dalam perjalanan," katanya, Kamis, 4 April 2024. 

Dia menuturkan, pengemudi diwajibkan untuk melakukan pengecekan pada kendaraan, mematuhi rambu dan marka jalan, tidak membawa barang yang berlebih, memperhatikan kapasitas penumpang dan muatan kendaraan, dan membawa kelengkapan surat berkendara bermotor, baik SIM maupun STNK.

Dirinya juga mengimbau, para pemudik dapat memerhatikan waktu perjalanan. Misalnya dapat bepergian pada waktu siang hari dan menghindari perjalanan waktu puncak mudik.

"Dengan maksud masyarakat perlu mengambil waktu mudik lebih awal. Selain itu, para pemudik juga diharapkan tidak menggunakan sepeda motor dalam melakukan perjalanan mudiknya karena rentan akan terjadinya kecelakaan," jelasnya.

Untuk perjalanan jauh, dirinya menyarankan menggunakan angkutan umum resmi yang telah disiapkan di simpul-simpul transportasi.

"Para pengguna jasa penyeberangan diharapkan dapat membeli tiket Ferizy maksimal di H-1 hari keberangkatan agar perjalanan lebih siap dan mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas menuju arah Pelabuhan Penyeberangan,” ujarnya. 

Dia menambahkan, jika pengendara lelah ketika dalam perjalanan jauh, maka harus beristirahat dan jangan dipaksakan. Istirahat bisa dilakukan di posko yang telah disediakan atau di tempat lain. (MARINI/Y)

Berita Terbaru