Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Udang Galah Bantu Tingkatkan Hasil Produksi Perikanan

  • Oleh Marini
  • 05 April 2024 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalteng, H Darliansjah mengatakan bahwa salah satu sumberdaya perikanan yang berpotensi untuk dikembangkan adalah udang galah.

Dia menuturkan, udang ini memiliki harga ekonomis dan merupakan udang terbesar jika dibandingkan dengan udang lain.

Udang galah hidup pada dua habitat selama hidupnya, pada stadia larva hidup di air payau dan kembali ke air tawar pada stadia benih, pendederan hingga dewasa.

"Sebagai salah satu spesies yang berpotensi untuk dikomersialkan, udang galah memiliki beberapa kelebihan di antaranya adalah pertumbuhannya cepat, ukuran yang besar, tingkat prevalensi penyakit yang rendah, dan permintaan pasar yang luas, baik pasar domestik maupun ekspor," katanya, Jumat, 5 April 2024.

Dia melanjutkan, kelebihan udang galah adalah menjadi komoditas yang menjanjikan untuk dibudidayakan oleh masyarakat. 

Jika dilihat dari aspek ketahanan pangan dan ekonomi, udang galah dapat membantu pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan dan menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat.

"Selain itu, kita juga punya udang Vaname di Kabupaten Sukamara untuk menunjang peningkatan hasil produksi perikanan budi daya, serta meningkatkan produksi dan kesejahteraan pembudidaya udang," jelasnya.

Dia menambahkan, budi daya ikan di air tawar atau kolam terus berkembang yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dengan teknologi budi daya yang relatif mudah. Potensi yang saat ini cukup besar di sektor perikanan budidaya air tawar  Kalteng yaitu budidaya udang galah.  

Tidak hanya berfokus pada itu saja, katanya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saat ini juga menggagas salah satu terobosan inovatif yaitu dengan membangun kawasan tambak udang/shrimp estate di Desa Sei Raja Kabupaten Sukamara.

"Kalimantan Tengah memiliki potensi sumber daya alam yang cukup berlimpah, termasuk sumber daya kelautan dan perikanan," tandasnya. (MARINI/Y)

Berita Terbaru