Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMAN 5 Palangka Raya Gelar Peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 April 2024 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Peringatan Nuzulul Quran menjadi rangkaian kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter atau PPK pada Ramadan 1445 H. Acara yang dilanjutkan dengan Buka Puasa Bersama ini digelar SMAN 5 Palangka di aula pada Jumat lalu.

Kegiatan diawali dengan khatamul Quran oleh para siswa. Secara bergiliran mereka membaca juz 30. Setelah itu zikir bersama pun berlangsung.

Berikutnya, kepala sekolah, M Ramli dalam sambutannya mengatakan pentingnya para siswa memahami Nuzulul Quran sebagai peristiwa bersejarah tentang awal turunnya Alquran kepada Muhammad Saw. melalui perantaraan malaikat Jibril.

"Melalui peringatan Nuzulul Quran ini hendaknya kita semakin mencintai Alquran dan sering membaca serta mengamalkannya dalam kehidupan. Para siswa pasti akan menjadi pribadi yang berkarakter mulia jika mau mempelajari dan mengamalkan Alquran," kata Ramli memotivasi seperti dalam rilisnya pada Jumat, 5 April 2024.

Melengkapi kegiatan itu, tuturan pantun tausiah disampaikan oleh Lukman Juhara. Guru yang gemar berpantun ini menyampaikan tausiah singkat dalam bentuk pantun yang membuatku suasana lebih meriah aplaus para siswa. Melalui tuturan pantun-pantunnya ia mengajak hadirin khususnya para siswa untuk menarik hikmah dari peringatan Nuzulul Qur'an dan meraih keberkahan Ramadan untuk diterapkan dalam kehidupan.

Acara inti yang terakhir adalah tausiah. Ustadz Junaidi Muhammad banyak bercerita tentang orang-orang yang sangat mencintai dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Begitu banyak cerita kelebihan atau keutamaan orang-orang yang mau membaca, mempelajari, dan mengamalkan kitab suci yang diturunkan Allah Swt kepada Nabi Muhammad Saw. itu.

Tentu banyak kelebihan atau keutamaan orang yang suka membaca dan mengamalkan Alquran. Di antara kelebihan itu adalah tidak mudah tergoda untuk melakukan tindakan tercela, terhindar dari azab kubur, dan lebih cerdas serta berakhlak mulia.

"Insyaallah, siswa yang suka baca Alquran dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari akan lebih cerdas dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, mari kita cintai, baca, pelajari, dan amalkan Alquran dalam seluruh aspek kehidupan kita," tuturnya menegaskan.

Waktu buka bersama pun tiba. Nikmat buka bersama dengan rasa syukur pun berlangsung. Menikmati menu nasi kotak dilakukan usai salat magrib berjemaah.

Tatkala tiba waktunya, salat isya berjemaah dilanjutkan salat tarawih pun dilakukan di aula. Usai itu, para siswa dan guru pun pulang ke rumah masing-masing.(TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru