Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Udang Galah Ramai Diminati Pasaran

  • Oleh Marini
  • 05 April 2024 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalteng, H Darliansjah mengatakan bahwa sektor perikanan di Kalteng sangat potensial untuk dikembangkan. Salah satunya yaitu udang galah yang kini mulai diminati masyarakat dan selalu laris di pasaran.

"Harga jual udang galah sangat menjanjikan dan permintaan pasar juga tersedia, bahkan ramai diminati masyarakat," katanya, Jumat, 5 April 2024.

Dia menuturkan, udang galah sebagai produk hasil perikanan mempunyai prospek yang sangat cerah, khususnya sebagai komoditas ekspor. Budidaya udang galah di Kalteng terdapat di Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur dan kabupaten lainnya.

"Hal ini menunjukkan potensi perikanan yang ada di Kalteng. Harapannya, saya mengajak bersama-sama masyarakat untuk menjaga potensi yang dimiliki ini dengan tidak merusak apalagi melakukan kegiatan yang bisa merusak alam," ajaknya.

Sementara itu, salah satu masyarakat Kota Palangka Raya, Helmi mengakui bahwa harga udang galah di wilayahnya rata-rata dengan harga Rp80.000/Kg.

"Bagi saya udang galah ini lebih besar ukurannya, walaupun harganya cukup tinggi. Saya harap pemerintah bisa memperhatikan hal ini. Contohnya memperbanyak pembudidaya, akses transportasi dipermudah stok melimpah harga murah," imbuhnya.

Dirinya juga memberikan saran, udang galah dapat menjadi salah satu sumber pendapatan ekonomi masyarakat selain program udang vaname yang digaungkan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng.

"Bahkan kalau bisa jadi daya tarik wisata, memanfaatkan air tawar kita ini untuk pengembangan udang galah, seperti adanya kegiatan mancing udang galah di sungai, selain memperkenalkan sumber daya alam namun juga menampilkan keungulan perikanan kita," tandasnya. (MARINI/Y)

Berita Terbaru