Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hati-Hati Uang Palsu Saat Bertransaksi Tunai

  • Oleh Marini
  • 05 April 2024 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Semakin meningkatnya transaksi saat Ramadan dan menjelang Lebaran tahun 2024, masyarakat perlu mewaspadai dan berhati-hati dalam bertransaksi untuk menghindari adanya potensi peredaran uang palsu.

Peringatan ini diberikan oleh wakil rakyat anggota DPRD Provinsi Kalteng Siti Nafsiah mengatakan bahwa hal ini perlu edukasi dari Bank Indonesia (BI). 

Hal ini katanya, agar setiap priode pengeluaran uang baru terus meningkatkan kualitas dan kuantitas tingkat security features atau tanda-tanda pengaman uang, sehingga uang rupiah semakin sulit untuk dipalsukan.

"Meningkatnya transaksi saat Ramadan dan menjelang Hari Raya Lebaran tahun ini saya harap masyarakat harus waspada, serta pihak BI harus rutin laksanakan edukasi terhadap uang asli maupun uang palsu," katanya, Jumat 5 April 2024.

Katanya untuk mengetatahui ciri uang asli yang dapat diketahui dengan menimal dengan metode 3D yakni dilihat, diraba, dan diterawang.

“Masyarakat selalu waspada, apabila bertransaksi dengan uang tunai. Paling tidak kita menggunakan metode 3D minimal itu secara fisik, dilihat, diraba dan diterawang," jelasnya.

Tambahnya, secara fisik uang asli dapat mudah dikenali, meski begitu masyarakat perlu tetap waspada terutama saat bertransaksi dimalam hari. 

"Masyarakat harus berhati-hati saat bertransaksi menggunakan uang tunai," tandasnya.(MARINI/H)

Berita Terbaru