Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Kobar Imbau Waspada Peredaran Uang Palsu Jelang Idul Fitri 1445 H

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 06 April 2024 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) AKBP Yusfandi Usman mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan saat menerima uang. Hal ini dikarenakan maraknya uang palsu yang beredar menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Menurutnya, pelaku peredaran uang palsu ini beraksi pada saat malam hari. Dengan menyasar SPBU dan pedagang warung kelontong.

"Biasanya pelaku belanja di warung atau SPBU utamanya pada malam hari. Jadi masyarakat harus waspada, jangan sampai yang diterima merupakan uang palsu," ujarnya saat dikonfirmasi belum lama ini.

Biasanya, lanjut Yusfandi Usman uang palsu yang diedarkan mulai dari pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu. Oknum penyebar uang palsu mencari keuntungan melalui uang kembalian yang diperoleh.

Ia juga mengimbau, jika menemukan adanya uang palsu, diharapkan segera melapor. Uang palsu saat ini hampir sama dengan yang asli, namun tetap saja bisa dibedakan dengan metode 3D, Dilihat, Diraba, dan Diterawang.

"Ketika menerima uang dari pembeli, pastikan diperiksa terlebih dahulu. Jika tidak memiliki lampu ultraviolet, gunakan saja metode 3D, sudah pasti ketahuan. Dan jangan lupa laporkan jika menemukan, agar segera ditindaklanjuti," ungkapnya. (DANANG/H)

Berita Terbaru