Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolda Kalteng Berikan Lima Tips Masyarakat Aman Tinggalkan Rumah saat Mudik

  • Oleh Pathur Rahman
  • 06 April 2024 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Djoko Poerwanto, mengimbau masyarakat yang akan meninggalkan rumahnya untuk mudik agar menerapkan beberapa langkah preventif.

Imbauan ini bertujuan untuk meminimalisir risiko kerugian yang mungkin terjadi selama rumah ditinggal pemiliknya.

Poin pertama dari imbauan Kapolda adalah memastikan semua elektronik yang masih terhubung ke arus listrik dimatikan. Langkah ini penting untuk mencegah risiko kebakaran yang bisa disebabkan oleh korsleting listrik.

Poin kedua adalah mematikan kran air dan kompor, serta melepaskan tabung gas dari regulatornya. Ini bertujuan untuk mencegah kebocoran gas yang bisa berakibat fatal. Selain itu, dengan mematikan kran air, dapat menghindari banjir di rumah akibat kebocoran pipa.

Poin ketiga adalah memastikan semua pintu dan jendela rumah terkunci dengan baik. Ini untuk mencegah aksi pencurian yang mungkin terjadi selama rumah kosong. Kapolda juga mengimbau masyarakat untuk menyalakan lampu rumah sesuai keperluan, agar rumah tampak berpenghuni dan mengurangi risiko pencurian.

Poin keempat adalah tidak meninggalkan barang berharga di rumah. Jika memang harus, simpanlah barang berharga tersebut di tempat yang aman dan tersembunyi.

Terakhir, Kapolda mengingatkan masyarakat untuk melaporkan rencana mudiknya kepada RT dan RW setempat. Dengan demikian, lingkungan sekitar bisa ikut mengawasi rumah yang ditinggalkan.

Dengan mengikuti imbauan ini, diharapkan masyarakat bisa mudik dengan tenang dan aman, tanpa perlu khawatir akan keadaan rumah yang ditinggalkan.

"Mari kita saling menjaga dan membantu satu sama lain dalam menjaga keamanan lingkungan kita," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru