Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Stok Gabah Petani Kalteng Belum Cukup Penuhi Permintaan Pasar di Ramadan Tahun Ini

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 April 2024 - 09:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalimantan Tengah, Eko Marsoro mengatakan bahwa stok gabah petani Kalteng belum cukup untuk memenuhi permintaan pasar di momen Ramadan tahun ini.

Hal tersebut tergambar dari terjadinya penurunan Nilai Tukar Petani Tanaman Pangan atau NTPP di Kalteng sebesar 0,23 persen pada Maret 2024.

"Penurunan ini terjadi karena kenaikan Indeks harga yang diterima oleh petani atau It sebesar 0,33 persen, tidak mampu mengimbangi kenaikan Indeks Harga yang Dibayar oleh Petani atau Ib sebesar 0,56 persen," kata Eko pada Minggu, 7 April 2024.

Kenaikan It pada Maret 2024 sebesar 0,33 persen menurut Eko disebabkan oleh naiknya indeks harga hasil produksi pada kelompok padi yang sebesar 0,37 persen.

"Kenaikan indeks harga padi disebabkan oleh stok gabah di petani masih belum cukup untuk memenuhi permintaan pasar di Ramadan tahun ini," tegas Eko.

Sementara itu, lanjutnya, indeks harga palawija justru mengalami penurunan sebesar 0,25 persen.

"Penurunan indeks harga palawija didominasi oleh turunnya indeks harga pada komoditas ketela pohon," terangnya.

Kenaikan Ib pada Maret 2024 yang sebesar 0,56 persen kata Eko disebabkan oleh naiknya dua indeks penyusunnya, yakni indeks kelompok konsumsi rumah tangga atau KRT sebesar 0,71 persen dan indeks kelompok Biaya Produksi dan Penambahan Barang Modal atau BPPBM sebesar 0,03 persen. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru