Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Barito Timur Gelar Rapat Evaluasi Tahapan Pemilu 2024

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 April 2024 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Barito Timur menggelar rapat evaluasi tahapan pemilihan umum (pemilu) 2024 di GPU Mantawara Tamiang Layang, Selasa, 16 April 2024.

Rapat yang dipimpin langsung Ketua KPU Satya Hedipuspita itu, dihadiri oleh Komisioner KPU dan Sekretaris KPU Barito Timur serta diikuti oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK), sekretariat PPK dan tenaga pendukung dari seluruh kecamatan di Barito Timur.

"Tujuan dan maksud dari rapat evaluasi ini adalah kami mau mendengar apa yang disampaikan rekan-rekan PPK, sekretariat dan tenaga pendukung di dalam pelaksanaan pemilu 2024. Kami berharap mendapatkan masukan berkaitan dengan apa yang kurang, apa yang perlu diperbaiki, atau apa-apa yang menjadi kesulitan mereka supaya kita bisa sama-sama memperbaiki untuk pelaksanaan pemilu-pemilu berikut," ujar Satya saat diwawancarai di sela kegiatan.

Dia menambahkan, secara administrasi masa tugas PPK, sekretariat PPK maupun tenaga pendukung telah berakhir 4 April 2024. Namun karena kegiatan yang padat dan terhalang libur lebaran sehingga rapat evaluasi baru diadakan hari ini.

Menurut Satya, secara umum evaluasi yang disampaikan PPK maupun sekretariat PPK berkaitan dengan anggaran. Mereka berharap besar anggaran bisa ditingkatkan agar dapat memenuhi banyak kebutuhan, terutama penggandaan berkas. 

"Terus kemudian kalau berkaitan dengan tahapan, mereka kesulitan karena waktu bimtek tungsura (bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara) waktunya terbatas karena cuma sekali dilaksanakan dan kegiatannya padat, sementara aplikasi Sirekap adalah aplikasi baru yang perlu mendapatkan perhatian sehingga mereka itu ketika jalan pasti sambil sambil nanya terus," ungkapnya.

Meski demikian Ketua KPU memastikan sejauh ini PPK bisa melaksanakan dan mengawal semua tahapan pemilu sedemikian rupa sehingga bisa diselesaikan dengan cukup baik. 

Terkait kebutuhan badan ad hoc pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau pilkada 2024, Satya menegaskan bahwa hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan instruksi tertulis apakah akan dilaksanakan perekrutan terbuka atau evaluasi terhadap tenaga ad hoc yang bertugas pada pemilu 2024.

"Kami masih menunggu, kami berharap bisa segera mendapatkan informasi setelah mengikuti rakor terkait rekrutmen badan ad hoc besok di Jakarta," ujarnya. (BOLE MALO/R)


TAGS:

Berita Terbaru