Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Upayakan Pembangunan Jalan Tembus Pulau Hanaut Melalui Inpres Jalan Daerah

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 17 April 2024 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) berupaya pembangunan jalan tembus dari Kecamatan Seranau menuju Kecamatan Pulau Hanaut melalui inpres jalan daerah (IJD).

"Jalan Cempaka Mulia-Terantang diteruskan ke Pulau Hanaut masih ada dalam rencana kerja kita. Kita melihat kemampuan anggaran daerah untuk mengatasi itu atas petunjuk bupati kita juga sudah usulkan ke pusat agar jalan tersebut didanai oleh program presiden," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kotim, Mentana Dhinar Tistama, Rabu, 17 April 2024.

Lanjutnya, usulan tersebut saat ini sedang tahap pembahasan tim teknis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan jarak yang pihaknya usulkan untuk 1 ruas jalan tersebut 60-65 kilometer sampai kampung melayu. 

Selain itu, pihaknya juga mengusulkan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) untuk pembuatan box culvert. Karena ada belasan jembatan darurat yang perlu dibangun pada ruas jalan tersebut. 

Sebelumnya, pihaknya melakukan pemeliharaan jelang Lebaran 2024 untuk Jalan Cempaka Mulia-Terantang. Ruas jalan tersebut merupakan ruas jalan kabupaten dengan nama Cempaka mulia-Kampung Melayu.

Dalam perencanaan, jalan tersebut memang akan dilanjutkan hingga ke Kecamatan Pulau Hanaut seperti harapan Bupati Kotim Halikinnor saat safari Ramadan di Pulau Hanaut beberapa waktu lalu. Namun saat ini ruas jalan tersebut baru fungsional 33 kilometer sampai di Desa Terantang, Kecamatan Seranau. 

"Kondisinya baru timbunan tanah tapi sudah fungsional. Lalu Februari banyak masyarakat menyampaikan jalan itu rusak berat. Kami respon kolaborasi dg camat dan perusahaan sebelum Lebaran," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru