Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Yulindra Dedy: Konflik Bangkal jadi Perhatian Serius DAD Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 April 2024 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Yulindra Dedy menegaskan perhatian serius DAD Kalteng terhadap konflik Bangkal.

"Menjadi salah satu perhatian serius bagi kelembagaan Adat Dayak di Kalteng, untuk menjaga dan memelihara keseimbangan dalam hubungan yang harmonis," kata Yulindra saat mewakili Ketua DAD Kalteng dalam sidang adat di Palangka Raya, Jumat, 19 April 2024.

Keseimbangan dan keharmonisan dinilai perlu terjalin baik antara manusia dan Tuhan/Leluhur, manusia dengan alam, dan manusia dengan sesamanya yang dalam budaya Dayak disebut Belum Behadat/ Hidup Beradat.

Hal ini sejalan dengan asas umum peradilan Adat Dayak di Provinsi Kalteng yang adalah menguatkan harmoni sosial berdasarkan falsafah Belum Behadat.

Semua itu dilakukan secara musyawarah untuk mencapai mufakat dengan semangat budaya Betang demi tercapainya perdamaian dan kedamaian melalui Lembaga Kedamangan Adat yang dibantu oleh kerapatan Mantir perdamaian Adat atau Let Adat.

Lebih lanjut Dedy menyampaikan ada 4 pilar yang menjadi Soko Guru Tegaknya Budaya Betang yaitu jujur, setara, kekeluargaan dan abdi/taat hukum. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru