Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Raih Juara 2 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna se-Kalteng

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 20 April 2024 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berhasil meraih juara kedua lomba inovasi teknologi tepat guna (TTG) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

"Alhamdulillah Kotim meraih juara dua lomba inovasi TTG se Kalteng. Ini menunjukkan karya anak-anak kita mampu bersaing," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotim Raihansyah, Sabtu, 20 April 2024.

Lomba inovasi TTG digelar oleh DPMD Provinsi Kalteng pada 17-18 April 2024 di Ruang Kahayan 2 Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya.

Kotim mengirimkan 1 perwakilan dari SMKN 1 Teluk Sampit yang sebelumnya sukses meraih juara pertama lomba inovasi TTG tingkat kabupaten dengan karya SabutLiber alat pengupas sabut kelapa.

"Semoga prestasi ini mendorong dan memotivasi masyarakat untuk mengembangkan daya inovasi TTG yang mempunyai prospek untuk dapat dimanfaatkan dan didayagunakan oleh masyarakat," ujarnya. 

Sementara itu, Rahmat Ariadi inovator SabutLiber mengatakan, pengembangan alat pengupas sabut kelapa tersebut terdorong karena pekerja pengupas kelapa di wilayah Teluk Sampit.

"Karena pekerjaan mereka menggunakan alat tradisional yang tajam, sering mengakibatkan luka pada bagian tubuh khususnya tangan. Sehingga alat ini untuk mempermudah dan menghindarkan mereka dari cedera," ucap Rahmat. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru