Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wisata Tebing Tinggi Kumpai Batu Atas akan Dibangun Kereta Gantung dan Seluncuran Pelangi

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 20 April 2024 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Pariwisata (Dispar) Kobar menyiapkan masterplane pengenbangan objek wisata Tebing Tinggi di Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan.

Objek wisata Tebing Tinggi akan menyajikan keindahan alam yang cocok untuk menikmati sunsite, atau proses tenggelamnya matahari, serta akan dibangun wahana modern yaitu Gondola (Kereta Gantung) dan juga Seluncuran Pelangi.

Kabid Pengembangan Pariwisata Dispar Kobar Lalu Gede Surya Atmaja menyampaikan, bahwa sejumlah bangunan di lokasi wisata Tebing Tinggi sudah ada, namun belum dibuka untuk umum karena fasilitas, sarana dan prasarana yang belum maksimal.

"Sesuai dengan masterplane nya, objek wisata tebing tinggi akan ditata dan dibangun menarik, serta memiliki fasilitas yang lengkap, sehingga memiliki daya tarik untuk dikunjungi," kata Lalu Gede Surya Atmaja.

Beberapa fasilitas yang akan dibangun dalam Masterplane Wisata Tebing Tinggi diantaranya, akan dibangun UMKM Center, Resto Rawa, Adventure Park, Seluncuran Pelangi, Zip Costeer, Children Playground, Jembatan Gantung, Gondola (Kereta Gantung), Panggung Amphitheater, Menara Pandang, Viewing Deck, Cafe Top View, Glamcamp dan fasilitas pendukung lainnya, seperti lokasi parkir, toilet dan juga musholla.

Untuk peningkatan wisata Tebing Tinggi, di tahun ini pihaknya mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar 1,1 Miliar.

"Selain itu kita juga mengusulkan pendanaan ke pemerintah Provinsi. Saat ini dalam proses dan mudah - mudahan dapat terelisasi," ungkapnya.

Ia berharap dukungan dari semua pihak, sehingga peningkatan objek wisata Tebing Tinggi, di Desa Kumpai Batu Atas dapat terlaksana sesuai dengan Masterplane.

"Mudah - mudahan tahun depan (2025) objek wisata Tebing Tinggi sudah bisa di resmikan. Sehingga menjadi Alternatif wisatawan saat berlibur ke Kobar," imbuhnya.

Apabila destinasi wisata Tebing Tinggi ini operasional, maka ada dua destinasi wisata yang dikelola oleh Pemda. Sehingga, akan meningkatkan PAD dan juga peningkatan ekonomi masyarakat.


TAGS:

Berita Terbaru