Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Langkah Tepat Indonesia Perkuat Industri Hilir Berbasis Minyak Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 April 2024 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Langkah Indonesia membangun, mengembangkan, dan terus memperkuat industri hilir berbasis minyak sawit dinilai sudah sangat tepat. Hilirisasi akan membawa dua dampak positif yakni memperkuat serapan di pasar domestik dan dalam jangka panjang menjamin keberlanjutan industri sawit Indonesia.

"Pengembangan industri hilir sawit tidak boleh mundur, tetapi harus terus bergerak ke depan baik dalam industri oleokimia, pangan, maupun energi baru dan terbarukan," kata Pakar Ekonomi dan Komoditas Strategis, Dr Tungkot Sipayung dalam rilis yang dikirimkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS pada Sabtu, 20 April 2024.

Sebelum tahun 2010, kata Tungkot, hilirisasi minyak sawit Indonesia sebagian besar terjadi di negara-negara importir minyak sawit.

"Kondisi tersebut mengakibatkan Indonesia sangat tergantung pada pasar minyak sawit dunia dan nilai tambah produk hilir sawit justru dinikmati negara-negara importir," katanya lagi.

Sekitar USD 32,8 miliar setiap tahun nilai tambah hilir sawit ini menurutnya telah dinikmati negara-negara importir.

"Hilirisasi sawit di dalam negeri sebelumnya berjalan lambat. Kemajuan yang cukup pesat dan signifikan terjadi setelah tahun 2015, setelah diintegrasikannya kebijakan hilirisasi sawit domestik dengan kebijakan perdagangan internasional yakni pungutan ekspor minyak sawit," bebernya.(TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru