Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketahanan Pangan Alami Permasalahan, Pemprov dan DPRD Kalteng Rancang Raperda

  • Oleh Marini
  • 22 April 2024 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) mengakui bahwa ketahanan pangan sempat mengalami masalah hingga mempengaruhi sendi-sendi kehidupan masyarakat Kalteng disegala bidang. 

Untuk mengatasi dan menjadi solusi terhadap permasalahan yang dialami, pelaku usaha pertanian pangan di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila ini maka sangat pentingnya payung hukum rancangan peraturan daerah (Raperda).

Bagaikan gayung bersambut, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran melalui Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo mengungkapkan sudah waktunya membuat kebijakan yang berkelanjutan dan berkesinambungan secara holistic, dalam rangka menjamin pemenuhan hak pangan bagi seluruh masyarakat Kalteng ini.

"Kebijakan terkait jaminan ketersedian lahan, sampai dengan kebijakan fasilitas terhadap pelaku kegiatan dalam bidang pertanian pangan harus sudah menjadi prioritas kita bersama," katanya, Senin, 22 April 2024.

Jelasnya, ketersediaan lahan pertanian pangan salah satu isu yang cukup penting ditengah maraknya perubahan fungsi lahan yang cukup signifikan yang sedang kita hadapi. 

"Perubahan sosial maupun masifnya investasi Sumber Daya Alam cukup menjanjikan sebagai salah satu faktor penyebab beralih fungsinya lahan pertanian pangan dan beralih profesinya pelaku usaha pertanian pangan," bebernya.

Maka dari itu, pihaknya sangat sepakat dengan adanya Raperda dari DPRD Provinsi Kalteng terkait dengan perlindungan lahan pertanian pangan maupun perlindungan dan pemberdayaan petani, nelayan, dan pembudidaya ikan yang diajukan. 

"Kita semua berharap, nantinya kebijakan dari Raperda tersebut dapat memberikan kepastian hukum, bahkan menjadi solusi terhadap jaminan ketersediaan pangan bahkan kedaulatan pangan bagi masyarakat Kalimantan Tengah," tandasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru