Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Laksanakan Kick Off dan Bimbingan Teknis Penyusunan Kajian KLHS RPJMD

  • Oleh Norhasanah
  • 22 April 2024 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara menggelar kick off dan bimbingan teknis penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD Kabupaten Sukamara tahun 2025-2029. Senin, 22 April 2024.

Asisten Bidang Administrasi Pembangunan dan Umum Setda Sukamara, Evy Andriani mengatakan bahwa penyusunan KLHS RPJMD merupakan amanah Pasal 15 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana telah diubah dengan peraturan pemerintah Undang-Undang Nomor 2 tahun 2022 tentang cipta kerja bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib membuat KLHS. 

“KLHS merupakan analisis yang sistematis dan menyeluruh untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan green development planning telah menjadi dasar dan terintegrasi kedalam kebijakan atau rencan program pembangunan suatu wilayah,” ucap Evy Andriani.

Menurut dia, penyusunan KLHS RPJMD melibatkan banyak pihak, khususnya perangkat daerah terkait maupun Instansi vertikal dilingkungan Kabupaten Sukamara.

“Selain itu untuk menghasilkan dokumen KLHS RPJMD yang berkualitas, tahapan-tahapan penyusunan KLHS RPJMD hendaknya dilaksanakan secara maksimal, mulai dari pengumpulan data hingga tahapan validasi,” ujarnya.

Salah satu tahapan pembuatan KLHS RPJMD yaitu, dilaksanakannya Kick Off dan bimbingan teknis yang bertujuan sharing informasi, maupun berbagi masukan dan solusi terhadap kebijakan, rencana dan atau program dilingkungan Pemkab Sukamara. (NORHASANAH/Y)

Berita Terbaru