Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pabrik Es Balok di Kotim Ditargetkan Operasional Tahun 2024

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 23 April 2024 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pabrik es balok yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) ditargetkan operasional tahun 2024.

"Kami berharap tahun 2024 bisa operasional untuk membantu nelayan memenuhi kebutuhan es balok," kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Senin, 22 April 2024.

Dirinya meninjau lokasi pembangunan pabrik es balok di Desa Sei Ijum Raya, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Pabrik es balok dibangun bersebelahan dengan pabrik pakan ikan.

Saat ini, pembangunan pabrik es balok sedang tahap lelang. Sementara mesin pembuat es balok telah dipesan bulan Maret dan menunggu perakitan selama 5 bulan.

"Selama ini yang saya terima keluhan nelayan bahwa di sini hanya ada pabrik es balok swasta yang menyiapkan 300 blok setiap hari. Sementara kebutuhan es balok nelayan 500-1.000 balok," ujarnya. 

Kondisi tersebut membuat nelayan harus mengantre untuk mendapatkan es balok yang berfungsi mengawetkan ikan tangkapan dari laut. Bahkan nelayan harus menunggu 1 bulan untuk mendapatkan es balok.

"Artinya ini sangat mendesak sehingga kita anggarkan dari APBD Kotim Rp2 miliar. Saat ini sedang proses lelang," imbuhnya. 

Ia berharap, keberadaan pabrik es balok tersebut memperlancar nelayan untuk melaut sehingga meningkatkan kesejahteraan mereka. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru