Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Operasional Pabrik Pakan Ikan di Kotim Menunggu Jaringan Listrik

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 23 April 2024 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Operasional pabrik pakan ikan di Desa Sei Ijum Raya, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menunggu jaringan listrik PLN.

"Saat ini tinggal menunggu pemasangan listrik kalau sudah kita bisa operasional," kata Bupati Kotim Halikinnor, Selasa, 23 April 2024.

Pembangunan pabrik pakan ikan tersebut untuk membantu pembudidaya ikan di daerah ini memperoleh pakan dengan harga lebih terjangkau.

Selama ini, pembudidaya ikan memperoleh pasokan pakan dari luar daerah dengan harga Rp14 ribu- Rp15 ribu/kg. Dengan berdirinya pabrik pakan ikan di Kotim dapat menekan harga sehingga pembudidaya mendapatkan pakan dengan harga Rp6 ribu-Rp 7 ribu/kg.

"Saya sempat mencoba beternak ikan di alam salju, sebetulnya menghasilkan namun terkendala pada pakan ikan yang mahal," ujarnya. 

Harga pakan yang lebih rendah akan memaksimalkan pendapatan pembudidaya. Nelayan Tambak dan keramba terbantu dan meningkatkan kesejahteraan mereka. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kotim Ahmad Sarwo Oboi mengatakan, mesin untuk pabrik pakan ikan sudah siap dan saat ini berada di kantor dinas. Pihaknya sengaja memasang mesin setelah listrik tersambung karena faktor keamanan.

"Bangunan sudah selesai 100 persen, mesin juga sudah siap. Hanya menunggu jaringan listrik," kata Oboi.

(DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru