Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Akan Kurangi Buang Sampah di TPA Gunakan Mesin Pemilah Sampah

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 23 April 2024 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) akan kurangi membuang sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menggunakan mesin pemilah sampah.

"Ke depan kita rencanakan untuk pengadaan semacam mesin pemilah agar sampah langsung dipilah di depo sampah," kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Selasa, 23 April 2024.

Lanjutnya, mesin tersebut akan memisahkan sampah yang masih bernilai ekonomi dengan sampah residu. Sehingga sampah yang masih bernilai akan diolah kembali atau dijual ke pengepul.

Sedangkan sampah residu atau sampah sisa yang tidak dapat digunakan lagi akan masuk ke mesin pembakaran, sehingga tersisa abu saja.

"Mesin pemilah sampah direncanakan ada 2 untuk ditempatkan di depo yang urgent di Pelita dan dekat SMPN 3 Sampit yang menjadi salah satu keluhan murid," ujarnya.

Jika mesin pemilah sampah telah beroperasi, sampah rumah tangga dari depo tidak lagi dibuang ke TPA, hanya abu atau debu sisa pembakaran yang dibuang.

Hal tersebut salah satu upaya Pemkab Kotim menangani sampah rumah tangga yang semakin hari semakin banyak. Karena ke depan TPA akan menggunung dan menjadi pencemaran.

"Kita berusaha menganggarkan kalau bisa tahun depan dua Depo ini sudah bisa mengolah sendiri sampahnya, sisanya masih ke TPA," tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim Machmoer melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun DLH Kotim Gatot Ismutarto mengatakan, 2 unit mesin pemilah sampah tersebut diusulkan pada anggaran tahun 2025 sebesar Rp3 miliar.

"Kapasitas mesin disesuaikan dengan kapasitas depo sampah di Jalan Pelita dan dekat SMPN 3 Sampit," kata Gatot. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru