Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Kotim Perbaiki PJU Terbakar di Jalan Tjilik Riwut

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 24 April 2024 - 21:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memerbaiki penerangan jalan umum (PJU) yang terbakar di Jalan Tjilik Riwut, Sampit.

"Kita sudah perbaiki ornamen atau aksesories PJU yang terbakar kemarin malam," kata Kepala Dishub Kotim Suparmadi, Rabu, 24 April 2024.

Sebuah tiang PJU di Jalan Tjilik Riwut menjadi pusat perhatian warga yang sedang melintas pada Selasa malam, 23 April 2024, sekitar pukul 21.30 WIB.

Tiang PJU tersebut mengeluarkan api di bagian bawah hingga tengah. Damkar langsung melakukan pemadaman setelah menerima laporan warga. Pemadaman berlangsung cepat sekitar 10 menit.

"Kabel PLN di sekitar jalan tersebut terus menerus bergoyang akibat angin dan cuaca mengenai material Aksesories telabang hias PJU kita. Gesekan kabel dengan ornamen telabang menimbulkan api," ujarnya. 

Aktivitas perbaikan PJU terbakar di Jalan Tjilik Riwut mulai terlihat sekitar pukul 10.00 WIB. Pengawas PJU dari pihak ketiga Nandi menegaskan, kebakaran bukan terjadi karena kerusakan PJU.

"Kabel PLN bergesekan dengan ornamen terawang dan menimbulkan api akhirnya yang bawah (logo pemerintah daerah) kena juga," jelasnya. 

Dirinya melihat kabelnya PLN itu putus saat pengecekan malam setelah kejadian. Sehingga kebakadan murni karena faktor eksternal.

"Karena lampu yang di dalam telawang itu aman walaupun terkena air tidak akan konslet. PJU sudah sesuai standar untuk kondisi luar ruangan dan di bawah tiang ini semua sudah kita tanam Arde jika ada arus lebih dia akan langsung ke dalam," imbuhnya. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru