Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Plh Asisten Pemkesra Kalteng Ikuti Puncak Peringatan Hari Otda

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 April 2024 - 02:41 WIB

BORNEONEWS, Surabaya - Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra (Pemkesra) Setda Prov Kalteng Herson B Aden menghadiri Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVIII di Balai Kota Surabaya, Kamis, 25 April 2024.

Peringatan Hari Otda XXVIII di Surabaya mengambil tema Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan otonomi daerah telah memberikan dampak positif, berupa meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan Fiskal Daerah.

“Kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya,” ungkapnya.

Peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain.

Tito mengingatkan perlunya evaluasi bagi daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik tetapi IPM-nya masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi dan akses infrastruktur belum baik.

“Perlu kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif serta efisien,” sebut dia. (HERMAWAN DP/RILIS/R)


TAGS:

Berita Terbaru