Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Investor Tetap Minati Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 31 Mei 2016 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Provinsi Kalimantan Tengah diminati investor. Meski masih memiliki beberapa kekurangan di bidang infrastruktur, sumber daya manusia, dan birokrasi, serta hanya mampu memberi kontribusi sebesar 11 persen bagi pertumbuhan ekonomi Kalimantan, Kalteng tetap jadi favorit pemodal.

"Akumulasi penyaluran kredit berdasarkan lokasi proyek di Kalteng mencapai Rp34,5 triliun, sedangkan penyaluran kredit berdasarkan lokasi bank hanya setengahnya atau sekitar Rp16 triliun," ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Muhammad Nur, di Palangka Raya, Selasa (31/5/2016). 

Kredit berdasarkan lokasi proyek adalah penyaluran kredit bank umum dari daerah lain, sedangkan kredit berdasarkan lokasi bank adalah penyaluran kredit oleh bank umum lokal untuk kegiatan di daerah sendiri.

Penyaluran kredit berdasarkan lokasi proyek biasanya lebih besar dari penyaluran kredit berdasarkan lokasi bank. Karena pemberian kredit melalui cabang bank umum di daerah memiliki batas tertinggi atau plafon sesuai kebijakan masing-masing bank, sehingga untuk pinjaman dalam jumlah besar harus mengajukan kepada Bank Pusat.

Namun demikian, Muhammad Nur menegaskan, penyaluran kredit berdasarkan lokasi yang besar menjadi bukti bahwa Kalteng memiliki potensi ekonomi yang cukup besar. "Tidak mungkin bank dari luar Kalteng memberikan kredit untuk usaha di Kalteng jika tidak punya potensi ekonomi." (TESTI PRISCILLA/N).

Berita Terbaru