Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tumbang Samba - Tumbang Kaman Terancam Putus

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Juni 2016 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Daerah aliran sungai Katingan meluap, ruas jalan Tumbang Samba-Tumbang Kaman terancam putus. Masih tingginya curah hujan di wilayah Utara, atau  hulu Kabupaten Katingan mengakibatkan debit air Sungai Katingan meluap. Tetapi, Kamis (2/6/2016), air di DAS Katingan, mulai surut.

Selain puluhan rumah di Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah mulai tergenang banjir, luapan air Sungai Katingan ini juga merendam beberapa titik ruas jalan antara Tumbang Samba-Tumbang Kaman, Kecamatan Sanaman Mantikei.

Bahkan menurut pantauan Rabu (1/6/2016), ruas jalan ini terancam putus. Pasalnya air Sungai Katingan terus naik kepermukaan hingga menenggelamkan badan jalan dengan ketinggian rata-rata setengah meter. Meski demikian arus lalu lintas masih lancar. Kendaraan masih bisa melintasi ruas jalan yang terendam banjir itu, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat lainnya.

"Ini gara-gara hujan semalaman yang menyebabkan air sungai meluap, selain itu memang saluran air menuju Sungai Katingan ini masih sangat minim, sehingga saat air sungai kembali surut ada beberapa tempat yang masih tergenang banjir itu," sebut Yanto warga Desa Samba Katung, Kecamatan Katingan Tengah.

Sementara itu banjir yang menggenangi ruas Jalan Tumbang Samba-Tumbang Kaman tepatnya di Desa Samba Katung ini menurut informasi Kamis (2/6/2016) sudah berangsur surut.

"Kemarin memang sempat beberapa titik jalan yang tergenang air itu, tapi sekarang sudah mulai surut kembali Mas," kata Adiansyah warga Tumbang Samba dihubungi via telepon, Kamis (2/6/2016).

Menurut Adi sampai saat ini wilayah Desa Samba Katung, kemudian Desa Samba Kahayan masih digenangi banjir itu. Faktor utama penyebab banjir, karena di wilayah itu sangat minim drainase atau saluran air pembuangan ke Sungai Katingan. "Banyak rumah yang kebanjiran itu, air sampai masuk ke dalam rumah, seperti di Perumahan SD Samba Kahayan Dua, kemudian Komplek Perumahan Cahaya Permai," katanya.

Namun demikian Adi juga tidak membantah jika debit air Sungai Katingan naik juga menyebabkan banjir di daerahnya. "Sebenarnya kalau sistim draenasenya bagus, saya kira tidak berhari-hari komplek perumahan di beberapa tempat di Tumbang Samba ini tergenang air."  (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru