Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Bangun Guest House di Tumbang Habangoi

  • Oleh Hairul Saleh
  • 06 Juni 2016 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kalangan DPRD Katingan mendorong Pemerintah Daerah setempat memperhatikan peningkatan wisata alam di wilayah Bumi Penyang Hinje Simpei. Salah satu wisata alam yang perlu d'iperhatikan dengan serius keberadaan sarana dan prasarana maupun fasilitas pendukungnya, yakni Bukit Baka Bukit Raya, di Desa Tumbang Habangoi, Kecamatan Petak Malai.

"Berkaitan dengan adanya objek wisata alam Bukit Baka Bukit Raya, di Desa Tumbang Habangoi kami nilai perlu dilakukan pembangunan guest house," kata anggota DPRD Katingan dari daerah pemilihan III, Yanel kepada Palangka Post, di Kasongan, Senin (6/6/2016).

Keberadaan fasilitas seperti guest house', sangat penting untuk mendukung upaya peningkatan daya tarik wisatawan mengunjungi wisata alam, khususnya wisata alam Bukit Baka Bukit Raya yang memang menjadi semboyan konservasi di Kabupaten Katingan.

"Pembangunan guest house ini perlu dukungan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait atau Badan Lingkungan Hidup (BLH) dalam rangka mendukung suksesnya program konservasi katingan untuk borneo yang telah dicanangkan oleh pemerintah daerah," ungkapnya.

'Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Katingan juga perlu memperhatikan kondisi rumah peribadatan umat Hindu Kaharingan, di Desa Tumbang Habangoi. Masyarakat khususnya yang bergabung dalam majelis kelompok Hindu Kaharingan sangat merindukan Balai Basarah.

"Pembangunan Balai Basarah yang diusulkan tersebut sebagai pengganti bangunan sebelumnya dibangun dengan dana CSR HPH, namun telah terbakar. Mengingat sekitar 80 persen warga Tumbang Habangoi beragama Hindu Kaharingan, maka wajar masyarakat di sana mengusulkan pembangunan rumah ibadah tersebut," katanya. (HAIRUL SALEH/N).

Berita Terbaru