Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masjid Al-Gufron Kasongan Over Kapasitas

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Juni 2016 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Masjid Al-Gufron,  Jalan Tjilik Riwut Km 4,5 Kereng Humbang Kasongan over kapasitas.

Menurut pantauan Borneonews, Jumat (10/6/2016), bangunan masjid di tepi Jalan Trans Kalimantan ini sudah tidak dapat menampung lagi banyaknya jemaah salat Jumat. 

Akibatnya tidak jarang warga melakukan ibadah salat Jumat itu di halaman yang tidak beratap, baik samping kanan dan kiri maupun belakang masjid.

"Memang setiap salat Jumat, masjid ini selalu dipenuhi jemaah, dan hari ini kelihatannya ada peningkatan jumlah jemaah yang salat itu sampai ada yang di luar masjid," sebut Riduan, salah seorang warga Kereng Humbang usai salat Jumat.

Menurutnya, setiap hari Masjid Al-Gufron ini selalu menjadi tempat tujuan bagi para musafir yang keberulan melintasi Jalan Trans Kalimantan wilayah Kasongan ini.

Pasalnya, lokasi masjid ini cukup dekat dengan jalan. "Terutama warga muslim yang tengah berkendara dari luar daerah melintas bersamaan dengan waktu salat, baik Dhuhur, Ashar, Magrib maupun salat Jumat," katanya.

Kapasitas masjid yang semakin menyempit karena banyaknya jemaah, juga dinilai mengurangi kekhusu-an para jemaah dalam menjalankan ibadah salat, terutama salat Jumat.

"Kalau salat harus desak-desakan kan akhirnya mengurangi kekhusu-an kita dalam menjalankan ibadah salat Jumat ini," ujar Anang warga Soekarno-Hatta Kasongan.

Pengurus Masjid Al-Gufron, Edy Rahmad Sosiawan mengakui jika kapasitas masjid ini sudah tidak mampu lagi menampung jamaah, terutama saat salat Jumat maupun salat Idul Fitri.

"Sebelumnya kita sudah melakukan musyawarah dengan jemaah Masjid Al-Gufron, dan kesimpulannya adalah jika masjid ini akan dibangun maka dengan sistim bertingkat, sebab kalau dilebarkan sekeliling masjid sudah berdiri bangunan rumah penduduk," sebutnya.

Pihaknya juga telah mengusulkan bantuan kepada pemerintah daerah terkait pembangunan masjid ini namun belum terealisasi. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru