Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sensus Ekonomi 2016 diharapkan Bantu Dunia Usaha

  • Oleh James Donny
  • 10 Juni 2016 - 15:41 WIB

BORNEONEWS ,Pulang Pisau - Usai sudah kegiatan Sensus Ekonomi 2016 oleh Badan Pusat Statistik, yang dilaksanakan sepanjang Mei lalu. Para petugas sensus mengunjungi semua responden dengan melakukan pendekatan untuk mendapatkan data. Data-data dari sejumlah kecamatan akan dilakukan entry dengan editing coding dan dikirimkan ke BPS Provinsi Kalteng, 30 Juni 2016.

"Sebanyak 115 orang petugas sensus yang terdiri dari pencacah lapangan sebanyak 79 orang, pengawas lapangan 28 orang, dan koordinator kecamatan 8 orang yang melakukan tugas di Kabupaten Pulang Pisau," kata Kepala BPS Pulang Pisau, Militan, Jumat (10//6/2016).

Dia mengatakan SE 2016  ini, akan ada data perekonomian yang lengkap dan akurat, dengan sasaran sensus yakni mulai dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta perusahaan besar. Untuk listing kata dia mencakup semua sektor, kecuali sektor pertanian karena sudah dicakup dalam Sensus Pertanian 2013.

Bagi dunia usaha kata dia SE 2016 akan bermanfaat, antara lain sebagai dasar pengembangan usaha kemudian penentuan pangsa pasar potensi pasar dan sebagainya. Dia mengatakan pelaksanaan sensus ekonomi ini merupakan amanat UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik yang harus dilaksanakan BPS sebagai penyelenggara statistik dasar melalui pengumpulan data usaha non pertanian yang dikelola oleh rumah tanggah dan perusahaan. 'Ini salah satu dari tiga sensus besar yang dilaksanakan BPS setiap sepuluh tahun sekali,' katanya.

Sensus Ekonomi kata Militan dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Kegiatan Sensus Ekonomi ini dilaksanakan di seluruh wilayah NKRI dan mencakup semua aktifitas ekonomi dan skala ekonomi. 'Pelaksanaan sensus ekonomi ini merupakan amanat UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik yang harus dilaksanakan oleh BPS sebagai penyelenggara statistik,' katanya.

Harapannya hasil sensus Kabupaten Pulang Pisau betul-betul merupakan data yang dapat memenuhi keakuratan dan kevaliditasnya, setelah dilakukan sensus oleh petugas pencacah lapangan yang berasal dari masyarakat yang ada di masing-masing kecamatan. (JAMES DONNY/N).

Berita Terbaru