Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Penghubung Antardesa di Katingan Tengah Rusak Berat

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Juni 2016 - 16:25 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ruas jalan penghubung antardesa di wilayah Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, kondisinya rusak berat. Seperti jalan Desa Tumbang Marak dan Tumbang Kalemei. Kerusakan jalan ini bertambah saat diguyur hujan. Badan jalan itu layaknya kolam lumpur.

Menurut Camat Katingan Tengah Hariawan, ruas jalan yang berlumpur ini adalah jalan persiapan untuk Jalan Nasional.

Berdasarkan pengalaman saat mencoba Jalan Nasional itu menggunakan kendaraan minibus, ia beserta anak buahnya terpaksa  mendorong mobil beberapa waktu lamanya karena kendaraannya terjebak lumpur.

"Jalan itu merupakan ruas Jalan Nasional, namun sepertinya tahun ini belum dapat porsi perbaikan. Sehingga belum layak jika dilalui kendaraan," sebutnya, Kamis (16/6/2016).

Menurut informasi yang ia peroleh, badan jalan itu bakal ditangani Pemerintah Daerah (Pemda) Katingan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat.

"Tetapi baru bisa dikerjakan kalau Pemda Katingan sudah mendapat surat persetujuan dari Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta," katanya.

Di ruas jalan ini juga pemerintah bakal memperbaiki serta meningkatkan sejumlah jembatan penghubung yang ada. Lantaran sulitnya akses jalan baik dari dan menuju Desa Tumbang Marak, desa ini belum tersentuh fasilitas layanan listrik dari PLN.

"Yang jelas perbaikan jalan dan jembatan itu selain mewujudkan visi Katingan Terbuka, juga untuk menyalurkan tiang-tiang listrik PLN. Harapannya desa ini juga bisa menikmati listrik seperti desa-desa lain di wilayah kita ini," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru