Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Draf 9 Raperda Belum Juga Disampaikan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 16 Juni 2016 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Dari 25 rancangan peraturan daerah (Raperda) yang diajukan pemerintah kota (Pemkot) Palangka Raya, hanya 16 Raperda yang drafnya sudah selesai dan diserahkan ke pihak DPRD bersamaan pengusulannya pada rapat paripurna yang lalu. Sisanya yang berjumlah sembilan Raperda, justru hingga kini  belum disampaikan.

Hal ini menjadi catatan Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto. Pada saat Rapat Paripurna ke-5 masa sidang II, Sigit pun menyinggung masalah tersebut. Karena pada Paripurna yang beragenda jawaban walikota atas pemandangan fraksi DPRD itu, belum kunjung disampaikan pula.

Sikap Sigit itu sama dengan anggota DPRD lainnya yang juga mempertanyakan kejelasan Draf sembilan Raperda itu. Sebab jika memang suiap diusulkan, semestinya saat mengajukan harus sudah dilampirkan saat itu juga agar bisa ditelaah kalangan DPRD.

Walikota yang mendapat catatan tersebut, terlihat terkejut saat tahu bahwa rupanya draft belum disampaikan. Karena itu, ia meminta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lah yang harus proaktif dan mempersiapkan diri dengan baik. Karena pemrakarsa Raperdasudah diplot masing-masing. 

'Ada catatan yakni sebanhyak sembilan Raperda kok belum disampaikan ke DPRD. Maka saya minta kepada SKPD leading sektor yang bertangung jawab terhadap Raperda ini harus segera menyerahkan kepada pihak DPRD, ucap Riban memerintahkan.

Sementara itu terpisah, Ketua Komisi A Riduanto menyebut, dari 25 Raperda yang diajukan tidak semuannya pengajuan Raperda baru. Malah lebih banyak diantaranya merupakan revisi perda lama yang kurang baik penerapannya atau karena perubahan nomenklatur, juga ada yang karena peraturan lebih tinggi sehingga harus sebagian diubah.

'Semestinya, karena Raperda yang diajukan banyak revisi, bisa cepat disampaikan. Beda kalau membuat Raperda baru yang memang waktunya lama untuk membuat draft tersebut,' katanya. (ROZIKIN/m)

Berita Terbaru