Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Kecelakaan Saat Arus Mudik, Dinas PU Kotim Tambal Jalan Berlubang

  • Oleh Rafiuddin
  • 22 Juni 2016 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pekerjaan Umum Kotawaringin Timur menambal sejumlah titik jalan berlubang, untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, khususnya di jalur darat pada arus mudik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah.

'Kita tambal sejumlah aspal jalan yang berlubang, untuk antisipasi kecelakaan di arus mudik lebaran nanti,' kata kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Kotim, Masran Hadi, di Sampit, Selasa (21/6/2016).

Menjelang arus mudik 2016, Dinas Pekerjaan Umum Kotim memastikan semua jalur darat di Bumi Habaring Hurung bisa dilalui kendaraan. Terutama jalur-jalur penghubung antar kabupaten maupun jalur dalam kota Sampit. Sehingga dapat memberi rasa nyaman kepada para pemudik yang akan menggunakan transportasi darat pulang ke kampung halamannya.

'Dinas PU sudah melakukan pengecekan beberapa ruas jalan yang akan dilalui pemudik. Kalau ada yang rusak akan kami tambal hal itu kami lakukan agar pengendara tidak terjatuh. Apalagi mendekati arus mudik,' ujar Masran Hadi.

Penambalan jalan berlobang bertujuan mengurangi angka kecelakaan terhadap masyarakat yang melakukan mudik lebaran. Karena diketahui menjelang lebaran, volume kendaraan melintas di jalan raya meningkat.

Masran menyebutkan, adapun lokasi penambalan jalan berlubang yakni di beberapa ruas jalan seperti di Jalan Cilik Riwut, Sudirman, dan Jalan HM Arsyad.  Karena jalan tersebut merupakan arus lalulintas yang sangat padat dilalui masyarakat saat arus mudik maupun balik.

'Penambalan jalan berlubang sudah berlangsung dilakukan. Mudahan sebelum puncak arus mudik, tidak ada lagi kerusakan jalan yang dikeluhkan,' harapnya.

Dikatakan Masran, secara umum jalan lintas Provinsi di daerah Kotim sudah siap untuk digunakan saat arus mudik lebaran nanti. Namun demikian, pihaknya secara berkala melakukan pengawasan terhadap kondisi jalan yang merupakan arus lalulintas di daerah Kotawaringin Timur.

"Saat ini masih berlangsung penambalan jalan berlubang. Semua itu dilakukan untuk meminimalisir angka kecelakaan, terutama bagi pengguna sepeda motor,' ucapnya.

Sementara itu, Aparat Satlantas Polres Kotim meyakini arus mudik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah, melalui jalur darat akan aman dan lancar. Walaupun ada beberapa titik ruas jalan baik itu di sepanjang jalan Sampit Pangkalan Bun, maupun Sampit Palangka Raya, dalam tahap perbaikan.

'Kami sudah mulai mengantisipasi padatnya arus mudik di sejumlah ruas jalan. Salah satunya dengan spanduk pemberitahuan akan berhati-hati saat berkendara. Kami juga sudah memantaua sejumlah rusa jalan yang masih dalam perbaikan, dan jalan tersebut masih bisa dilewati dengan baik,' ujar Kasat Lantas Polres Kotim, AKP Boni Arifianto. (RAFIUDIN/N).

Berita Terbaru