Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Gumas Korban Banjir Terima Bantuan dari BPBD

  • 29 Juni 2016 - 11:04 WIB

BORNEONEWS, Gumas - Warga korban banjir di sejumlah desa di wilayah Kecamatan Rungan Hulu dan satu desa di Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menerima bantuan berupa kebutuhan pokok dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (BPBD Kalteng). Bantuan disalurkan melalui BPBD Kabupaten Gumas.

Bantuan berupaya beras 10 kilogram, mi instan, gula, teh dan ikan kalengan tersebut diserahkan Wakil Bupati Gunung Mas, Rony Karlos di halaman kantor Camat Rungan Hulu, Selasa (28/6/2016) siang.

Di sela penyerahan bantuan, Wakil Bupati Gumas, Rony Karlos mengatakan, bantuan yang diberikan memang tidak seberapa. Namun diharapkan dapat mengurangi sedikit beban masyarakat yang terkena bencana banjir,  Mei 2016. 'Kita sangat berharap dengan bantuan ini, bisa bermanfaat untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah,' ujar Rony Karlos.

Wakil Bupati Gumas, Rony Karlos mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir, agar cepat melakukan koordinasi dengan dengan aparat pemerintah di tingkat desa mau pun kelurahan. Kemudian dilanjutkan ke kecamatan dan diteruskan ke pemerintah kabupaten, sehingga bisa dilakukan antisipasi.

'Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namannya bencana alam tidak bisa diprediksi secara total, namun melalui gejala-gejala alam seperti hujan yang berjam-jam di bagian hulu. Hal ini bisa kita antisipasi dengan meningkatkan kewaspadaan,' cetus dia.

Rony Karlos mengingatkan kepada masyarakat supaya mengurangi aktivitas atau kegiatan penambangan emas yang merusak lingkungan. Pasalnya, salah satu penyebab banjir adalah pendangkalan sungai akibat maraknya kegiatan penambangan emas yang dilakukan oleh masyarakat.

Ditempat yang sama kepala BPBD Gumas M. Rusdi menyampaikan, untuk wilayah kecamatan Rungan Hulu yang menerima bantuan di Kelurahan Tumbang Rahuyan 296 kepala keluarga, Desa Sei Antai 70 KK, Desa Hantapang 36 KK dan Desa Batu Puter 117 KK. Untuk Kecamatan Rungan Rungan yakni Desa Tumbang Malahoi 135 KK.

'Bantuan ini untuk warga korban banjir yang terjadi pada Mei 2016 lalu. Bantuan bisa diterima saat ini karena banyak hal yang dilengkapi. Dalam waktu dekat akan diberikan bantuan untuk korban banjir di Kecamatan Tewah. Jumlah kepala keluarga yang terkena musibah banjir dan mendapat bantuan sebanyak 891 KK,' katanya. (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru