Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Untuk Pertama Kalinya Salat Ied di Istana Isen Mulang

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Juli 2016 - 16:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Untuk pertama kalinya, salat Ied dilaksanakan di Istana Isen Mulang, Rumah Jabatan Gubernur Kalimantan Tengah. Karena itu, masyarakat dapat berbondong-bondong merayakan Hari Kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan 2016.

"Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur akan bersama-sama salat Ied dengan masyarakat di Istana Isen Mulang. Ini memang pertama kalinya dan masyarakat menyambut baik rencana ini," ungkap Marianitha, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kepada Borneonews, Senin (4/7/2016).

Salat Idul Fitri 1437 Hijriyah itu, menurut perempuan yang akrab disapa Titha ini, akan dipimpin Ketua PW Nahdlatul Ulama (NU) Kalteng, Habib Said Ahmad Fauzi Bachsin, dan penceramah Yamin Muchtar Lc M.Si, yang juga Pimpinan PW Muhammadiyah Kalteng.

Sebelumnya Sabtu (2/7/2016), Kasi Pembinaan Mental Biro Kesra Pemprov Kalteng, H Khairuddin menyebut pihaknya sudah menentukan arah kiblat untuk melaksanakan momen ini. 

"Kita ada Tim Pengecekan Dan Pengukuran Arah Kiblat Masjid Bidang Bimas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalteng, kemarin tim ini sudah melakukan pengukuran arah kiblat di halaman Istana Isen Mulang," ucap Khairuddin.

Menurut Khairuddin, pengukuran arah kiblat ini dipimpin Kabid Bimas Islam Sufiani dan dihadiri Kasi Urais dan Pembinaan Syariah Abdul Hakim, serta Kasi Penetapan Hak Tanah Badan Hukum Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalteng H Rofi'i SH dan Praktisi/Tenaga Ahli Hisab Rukyat Perorangan H A Iskandar arsyad BA. 

Berdasarkan pengukuran pada koordinat -020 derajat 12' 22,1' Lintang Selatan, 1130 derajat 55' 03,4' Bujur Timur diperoleh hasil koordinat arah kiblat pada halaman Rujab Gubernur Kalteng adalah B ' U = 220 derajat 42' 58, 75', U ' B = 670 derajat 17' 01, 25', UTSB  = 2920 derajat 42' 58, 75'.

"Arah kiblatnya sudah jelas makanya langsung dibuatkan tandanya. Kita berharap pelaksanaannya nanti berjalan sukses," tutup Khairuddin. (TESTI PRISCILLA/N).

Berita Terbaru