Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemudik Palangka Raya Diimbau Gunakan Angkutan Resmi

  • Oleh ANTARA
  • 05 Juli 2016 - 17:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, mengimbau masyarakat yang mudik pada H-1 atau pada hari lebaran untuk bisa tetap menggunakan angkutan resmi.

"Demi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan, masyarakat diharap teliti dalam memilih angkutan mudik, terutama untuk angkutan darat, jangan sampai naik angkutan liar atau tidak resmi," kata Kepala Dishub Kota Palangka Raya Renson, di Palangka Raya, Selasa (5/7/2016).

Jelang lebaran biasanya banyak kendaraan angkutan penumpang yang munculnya secara dadakan dan mereka bisa dipastikan tidak memiliki izin resmi atau bisa jadi bagian dari aksi kejahatan.

Kendaraan angkutan mudik yang tidak berizin tentunya sangat membahayakan penumpang. Selain rawan terjadi tindak kejahatan, juga jika terjadi kecelakaan luka, cacat atau hingga meninggal korbannya tidak akan mendapatkan santunan dari Jasa Raharja.

Berbeda dengan angkutan penumpang yang resmi atau berizin, keberadaan mereka selalu dipantau oleh pemerintah.

Kondisi kendaraan selalu diperiksa, bagitu juga dengan kesehatan sopir, dan jika sampai terjadi kecelakaan korbannya bisa dipastikan akan mendapat santunan dari Jasa Raharja.

Menurut Renson, menjelang Idul Fitri 1437 Hijriyah, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kendaraan angkutan penumpang mudik lebaran khususnya di 'Kota Cantik' Palangka Raya sudah memenuhi syarat atau layak beroperasi.

Setelah itu juga akan dilakukan kesehatan sopir, apakah betul-betul sehat atau adanya dugaan indikasi pemakaian obat-obatan terlarang. Sebab kesehatan sopir sangat penting bagi penumpang mudik antar daerah.

"Kami hanya tidak ingin kendaraan angkutan penumpang mudik lebaran beserta sopirnya dalam keadaan tidak sehat dan stabil, sebab akan mengakibatkan bahaya bagi penumpang mudik lebaran," katanya.

Oleh sebab itulah pihak Dishub Kota Palangka Raya akan terus berupaya mengontrol dan membantu para pemudik lebaran, baik melaui jalur darat hingga pengaturan arus mudik. (ant/m)

Berita Terbaru