Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Miskin di Enam Kecamatan di Mura dapat Dana Program Keluarga Harapan

  • Oleh Supri Adi
  • 28 Juli 2016 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Kurang lebih 665 kepala keluarga (KK), di enam kecamatan, di Kabupaten Murung Raya (Mura) mendapat santunan berupa bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH).

Yang mendapat bantuan PKH tahap 2 gelombang 6 tersebut, warga Kecamatan Murung dan Kecamatan Tanah Siang. Bantuan diserahkan di halaman Kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Mura, Kamis (28/7/2016).

Kepala Dinsosnakertrans Mura, Syahrial Pasaribu, yang juga ketua panitia kegiatan mengatakan tidak hanya dua kecamatan tersebut yang mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, akan tetapi masyarakat miskin di empat kecamatan lain juga mendapat bantuan serupa.

' Total ada enam kecamatan yang baru mendapat bantuan dari program PKH ini. Selain dari Kecamatan Murung dan Kecamatan Tanah Siang yang masyarakatnya hadir pada penyerahan hari ini (kemarin), kecamatan yang warga miskinnya mendapat bantuan serupa adalah Kecamatan Laung Tuhup, Kecamatan Permata Intan, Kecamatan Sumber Barito dan Kecamatan Seribu Riam,' ungkap Kepala Dinsosnakertrans Mura, Syahrial Pasaribu, di Puruk Cahu.

Kepala Dinsosnakertrans Mura, Syahrial Pasaribu menjelaskan, jumlah per kecamatan yang mendapat bantuan dari program tersebut, Kecamatan Murung berjumlah 59 KK, Kecamatan Tanah Siang 189 KK, Kecamatan Laung Tuhup 115 KK, Kecamatan Permata Intan 120 KK, Kecamatan Sumber Barito 112 KK dan Kecamatan Seribu Riam sejumlah 70 KK.

'Jumlah yang mendapat bantuan sebanyak 665 KK dan total dana yang disalurkan Rp322.150.000. Masing-masing KK mendapat bantuan dengan jumlah berbeda tergantung dari kriteria mereka,' tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mura, Darmaji dalam sambutannya mengatakan dengan adanya kebijakan dari pemerintah pusat tentang pemberian bantuan tersebut diharapkan bisa meringankan beban masyarakat, terutama dari segi kesehatan maupun pendidikan bagi anak mereka.

Menurut Darmaji, selain bantuan dari pemerintah pusat, pihak pemerintah daerah sudah menjalankan program dalam bentuk serupa, di antaranya Program Mura Cerdas (KMC) dan Program Mura Sehat (KMS).

'Untuk anak usia sekolah mulai dari sekolah dasar sampai menengah atas yang dinilai perlu perhatian secara ekonomi maupun berprestasi mendapatkan bantuan dari program KMC dan bagi masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan sudah diberikan kemudahan dengan program KMC,' jelas Wakil Bupati Mura, Darmaji.

Menurut Wakil Bupati Mura, Darmaji, ke depan dalam penyaluran bantuan tidak masyarakat itu-itu saja yang mendapat bantuan, akan tetapi ada wajah baru serta memerlukan perhatian karena di Kabupaten Mura menurut data dari pihak Badan Pusat Statistik (BPS) masih banyak kantung-kantung kemiskinan. (SUPRI ADI/N).

Berita Terbaru