Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Sabuai Dilirik untuk Lokasi Pabrik Baja

  • Oleh Budi Baskoro
  • 30 Juli 2016 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Kobar - Desa Sabuai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, dilirik untuk menjadi lokasi pengolahan pabrik baja. Sebelumnya, wilayah ini dicanangkan sebagai lokasi pelabuhan laut dan bandara internasional.

Gubernur Kalimantan Tengah menyampaikan kabar gembira itu, usai membuka acara puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 13, di Desa Pangkalan Satu, Kecamatan Kumai, Kobar, Sabtu (30/7/2016). 

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengungkapkan, Desa Sabuai dinilai paling strategis untuk lokasi pembangunan pabrik dibandingkan beberapa wilayah lain, di Kalimantan Tengah yang ditinjau oleh investor. "Hal ini tentu saja akan semakin menambah daftar berbagai industri hilir di Kabupaten Kobar. Ini upaya menjadikan kawasan Barat di Kalteng sebagai kawasan industri terpadu."

Bupati Kotawaringin Barat, Bambang Purwanto menyambut baik rencana pembangunan pabrik baja di wilayahnya. Hal ini menurutnya, akan membuka pintu investasi bagi pengusaha yang ingin menanamkan modal di Kobar, sehingga dapat menyerap tenaga kerja yang cukup banyak.

Ia menjelaskan, dalam upaya percepatan pembangunan ada tiga hal yang perlu dipenuhi di mulai dari peran serta pemerintah, peran serta pengusaha dan masyarakat. "Dan yang ke tiga harus bersinergi dalam mengembangkan perekonomian secara berkelanjutan." (KOKO SULISTYO/N).

Berita Terbaru