Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelabuhan Roro Masih Dipadati Penumpang Arus Balik

  • Oleh Cecep Herdi
  • 31 Juli 2016 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pelabuhan Roll On Roll Off (RORO) di Sungai Tempenek, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat hingga kini masih dipadati para penumpang yang datang dari Pulau Jawa. Diperkirakan, para penumpang tersebut merupakan pemudik yang selesai melaksanakan cuti lebaran.

"Masih ramai, arus balik penumpang masih banyak," kata Kepala Dishubkominfo Kobar Petrus Rinda, Minggu (31/7/2016)

Pelabuhan yang kelola Pemkab Kobar itu, mulai H+1 lebaran sudah lima kali mengangkut penumpang dan kendaraan dari pelabuhan Kendal, Jawa Tengah. Takni pada 14, 18, 21, 25, dan 28 Juli 2016. Dari jumlah tersebut, total penumpang hingga hari ini sebanyak 1.626 penumpang, 18 sepeda motor, 14 kendaraan roda empat jenis minibus, 6 truk sedang, dan 26 truk besar (TB).

"Jadwal Kalibodri untuk arus balik lebaran bulan Juli ini sudah lima kali, penumpangnya pun relatif banyak," jelas Petrus.

Ia menambahkan, kapal Kalibodri milik Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) tersebut mengangkut 300-400 penumpang dalam satu kali kedatangannya ke Pelabuhan RORO. Jumlah tersebut meningkat tajam dibandingkan hari biasanya. 

Masih tingginya jumlah arus balik di sejumlah pelabuhan di Kabupaten Kobar juga diamini oleh Kasi keselamatan berlayar KSOP Kumai, Suyanto. Ia mengatakan, Kabupaten Kobar dan sekitarnya banyak terdapat perusahaan kelapa sawit. Mereka (karyawannya, Red) banyaj juga berasal dari Pulau Jawa. 

"Yang baru pulang sekarang itu merek yang mendapat cuti atau liburnya setelah lebaran, jadi mereka mereka baru pulang sekarang," katanya.

Begitu juga di Pelabuhan Panglima Utar, Kumai. Setiap kedatangan kapal baik dari Semarang atau Surabaya, jumlah penumpang yang tirun mencapai ratusan hingga rubuan orang. (CECEP HERDI/m)

Berita Terbaru