Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kwarcab Pramuka Lamandau Siap Ikuti Jamnas 2016 Cibubur

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 07 Agustus 2016 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pramuka Kabupaten Lamandau memastikan akan ikut ambil bagian dalam kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) 2016 di Cibubur, Jakarta Timur.

Rencananya, dalam Jamanas kali ini pramuka Lamandau akan mengikutkan empat regu dengan masing-masing regu berjumlah 8 orang, terdiri dari dua regu putra dan dan dua regu puteri dengan total berjumlah 32 penggalang anggota Kwartir Pramuka Cabang (Kwarcab) Lamandau. Selain itu, dintambah lagi Bina Damping (Bindam) putera dan puteri sebanyak empat orang, Pinkocab empat orang dan Peninjau sebanyak delapan orang.

Hal tersebut seperti diungkapkan salahseorang Bindam Pramu Lamandau, I Ketut Suwitra, saat dikonfirmasi di kantor Kwarcab Lamandau, Minggu (7/8/2016).

Ketut juga mengatakan, rencananya peserta Jamnas dari Lamandau sendiri secara resmi akan dilepas Pemkab Lamandau pada Senin (8/8/2016). Kemudian, peserta juga akan diberangkatkan menuju Cibubur pada 11 Agustus 2016.

Sebelum diberangkatkan peserta Jamnas dari Lamandau telah mengikuti Training Centre (TC) yang diadakan Kwarcab setempat. TC telah berlangsung dalam kurun waktu tiga hari tiga malam dengan memfokuskan penggodokan berbagai materi kepramukaan, baik dalam hal mental, fisik, intelektual, spiritual, teknologi, sosial maupun seni dan kebudayaan.

"Termasuk juga kita telah melatih kekompakan masing-masing regu, mengingat para penggalang yang kita ikutkan pada Jamnas merupakan gabungan penggalang yang berasal dari berbagai SLTP sederajat dari berbagai daerah di Lamandau," sebutnya.

Seperti diketahui, Jambore Nasional (Jamnas) adalah Pertemuan Pramuka Penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas). Jambore Nasional dilaksanakan setiap lima tahun sekali dengan peserta dari perwakilan seluruh Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

Lebih dari itu, Ketut berharap agar keikutsertaan pramuka Lamandau dalam kegiatan akbar tersebut menjadi pengalaman yang bermanfaat. Karena, sambungnya, Jamnas juga merupakan sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri untuk menjadi manusia mandiri dan bermanfaat untuk sekitarnya. Selebihnya, kegiatan tersebut diharapkan menjadi sarana promosi untuk mengenalkan Lamandau di kancah nasional.

Sebagaimana yang dijadwalkan, Jamnas 2016 akan berlangsung di Cibubur, selama kurun waktu kurang lebih satu pekan, terhitung sejak 13 hingga 21 Agustus 2016. (HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru