Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

549 Peserta Ramaikan Festival Budaya Marunting Batu Aji

  • 25 Agustus 2016 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun  - Sebanyak 549 peserta ikut serta dalam perlombaan di ajang Festival Budaya Marunting Batu Aji (FBMBA) di kawasan Pangkalan Bun Park. Sedikitnya 16 cabang seni dan olahraga tradisional diperlombakan.

FBMBA merupakan agenda yang yang setiap tahun digelar Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar). Pelaksanaan acara tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan HUT Kabupaten Kotawaringin Barat.

Saat membuka acara, mewakili Bupati Kobar, Sekda Kobar Masradin mengatakan kebudayaan dalam bentuk seni dan olahraga tradisional merupakan budaya serta identitas jati diri dan kebanggaan bagi masyarakat di Kobar.

Budaya tersebut, ujar Masradin, sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Kobar yang memiliki makna filosofis tinggi dan penuh kearifan lokal.

"Festival budaya itu jangan sebatas memenuhi tugas, melainkan harus dapat memotivasi khusus kepada seluruh peserta untuk mengembangkan potensi seni dan budaya," ujar Masradin. Selasa (23/8/2016) malam.

Khususnya di kalangan generasi muda yang kini mulai terkikis akibat masuknya budaya luar yang terkadang tidak sesuai dengan nilai budaya dan ajaran agama.

Saat membacakan laporan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kobar Gusti Imansyah menyebutkan FBMBA akan berlangsung selama empat hari mulai 23 hingga 27 Agustus 2016.

Cabang seni dan olahraga tradisional yang akan dilombakan antara lain, sembilan cabang seni dan pemilihan putra putri pariwisata diikuti 208 peserta, empat cabang olahraga diikuti 319 peserta dan dua cabang masakan tradisional yang diikuti 22 peserta.

"Total peserta yang mengikuti lomba sebanyak 549 orang, dari kalangan pelajar maupun umum," ujar Imansyah. (FAHRUDDIN/m))

Berita Terbaru