Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Sukamara Apresiasi 3 Kecamatan Bebas Api

  • Oleh Norhasanah
  • 26 Agustus 2016 - 08:25 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Keberhasilan tiga kecamatan Kabupaten Sukamara menanggulangi bencana kebakaran mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Sukamara Windu Subagio. Ia mengharapkan tiga kecamatan tersebut yakni Kecamatan Balai Riam, Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Permata Kecubung dapat mempertahankan wilayahnya agar bersih dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) selama musim panas 2016.

'Saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan pemerintah desa d itiga kecamatan tersebut yang telah berhasil menjaga wilayahnya dari bencana kebakaran,' kata Windu Subagio, Kamis (25/08/2016).

Menurut Windu, adanya larangan membakar hutan dan lahan oleh pemerintah memang dinilai menyulitkan masyarakat yang sudah terbisa membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara membakar, karena cara membakar adalah kebiasan dan sudah menjadi  adat istiada masyarakat.

'Hingga saat ini pemerintah memang belum mempunyai solusi atau kebijakan bagaimana caranya agar masyarakat dapat membuaka lahan dengan mudah manum tidak dengan mebakar hutan dan lahan,' tutur Windu.

Namun begitu dirinya tetap meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan hal tersebut agar musibah kebakaran  dan asap ditahun lalu tidak terulang di tahun 2016 ini.

'Kita pemerintah daerah tidak mau masyarakat Kabupaten Sukamara harus berurusan dengan pihak berwajib karena membakar hutan,' ucap Windu.

Meskipun sejauh ini, belum ada masyarakat di wilayah Kabupaten Sukamara yang berurusan dengan pihak kepolisian karena kasus membakar hutan dan lahan, namun begitu pemerintah terus menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan tindakan pidana tersebut.

'Sekarang dalam penanganan kasus kebakaran ini sangat ketat, apabila satelit mendeteksi adanya titik hospot maka jajaran kepolsian dan TNI akan langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pemeriksaan baik kepemilikan lahan dan pembakar lahan' terang Wakil Bupati Sukamara. (MG-13/m)

Berita Terbaru