Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pencurian Buah Sawit Kian Marak di Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 September 2016 - 18:02 WIB

BORNEONEWS, Kotim - Pencurian buah kelapa sawit kian marak terjadi di Kotawaringin Timur. Kondisi ini meresahkan pihak perusahaan yang berinvestasi di daerah ini dan kebun warga yang acap menjadi korban pencurian. Mereka mengalami kerugian yang cukup besar.  

"Saya menghimbau kepada pemilik kebun sawit agar terus waspada dan melakukan kegiatan patroli pengamanan di wilayah perkebunan. Sehingga tindak pencurian dapat diminimalisir dan diantisipasi," jelas Kapolres Kotim melalui Kasat Reskrim Polres Kotim, Iptu Reza Fahmi, Senin (5/9/2016).

Saat ini berbagai modus tindak pencurian buah kelapa sawit kerap kali terjadi di Kotim. Sering yang terlibat bukan hanya masyarakat sekitar perkebunan, namun oknum karyawan sering kali menjadi otak pencurian.

"Hal-hal yang demikianlah yang harus diwaspadai pihak perusahaan, sering kali modus-modus tertentu muncul. Mulai dari mengaku buah sawit dari lahan milik pribadi hingga menyimpannya di dalam pikap atau truk yang tertutup rapat," ujarnya.

Reza menyebutkan bahwa dalam sebulan terakhir kasus pencurian buah sawit kian marak, bahkan dari satu perusahaan dalam seminggu didapati dua laporan pencurian buah kelapa sawit. 

"PT KMB di Antang Kalang misalnya, dalam seminggu yang lalu terdapat dua kasus pencurian yang dilaporkan yang kami tangani. Belum lagi kebun warga yang menjadi korban namun tidak melaporkanya ke polisi," ungkap Reza.

Untuk itulah upaya patroli pengamanan harus dilakukan dengan maksimal baik siang maupun malam hari di areal perkebunan, selain itu pihak perusahaan harus melakukan upaya pengamanan lainnya, terlebih keluar masuknya kendaraan pengangkut buah sawit harus memiliki surat jalan pemberitahuan asal buah. Sedangkan bagi tanaman sawit milik warga diharapkan dijaga dengan baik. Kalau perlu ada satpam yang ditugaskan di tempat itu. (M. HAMIM/N).

Berita Terbaru