Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Harus Turut Serta Kembangkan Pariwisata

  • Oleh Hj Nurhidayah
  • 19 September 2016 - 06:35 WIB

MEMILIKI banyak potensi, tidak serta merta mudah untuk menghidupkan pariwisata di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng). Banyak yang harus disiapkan. Terutama keseriusan dan komitmen membangun pariwisata. Masyarakat Kobar juga harus turut serta dan aktiv dalam pengembangan pariwisata di Kobar. Masyarakat juga harus peduli terkait kemajuan wisata di Kobar. Karena tanpa dukungan masyarakat, semua wacana pengembangan pariwisata di Kobar akan sia-sia.

Selain itu faktor lain yang harus disiapkan adalah kekuatan pelaku tempat tujuan (destinasi) wisata. Hal ini menjadi nilai utama bagi pengembangan pariwisata. Keunggulan tempat wisata wajib dibarengi dengan aktivitas pariwisata. Inilah tugas pemerintah daerah dalam hal ini untuk mendukung secara finansial maupun rencana program pembangunan pariwisata di Kobar.

Misalnya, harus sering digelar festival, ritual adat dan berbagai atraksi yang dapat menarik para pengunjung (wisatawan). Bagi daerah destinasi, pariwisata harus menjadi leading sector yang diutamakan.

Tidak kalah penting yakni, akses dan transportasi. Semua pihak harus mendukung akses menuju destinasi wisata. Penutupan akses akan menjadi preseden buruk bagi citra pariwisata. Sama halnya ketersediaan alat trasportasi yang tidak memadai. Pelaku wisata juga harus memahami kebutuhan wisatawan. Semisal, akses untuk berkomunikasi. Ketersediaan jaringan komunikasi dan internet tentu akan menjadi pertimbangan bagi wisatawan untuk mengunjungi salah satu destinasi.

Kobar harus bisa belajar dari Provinsi Bali. Bali merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di dunia. Setiap tahunnya, jutaan wisatawan dari penjuru dunia menghabiskan waktu liburnya di pulau berjuluk Pulau Dewata ini. Bali memang menarik dilihat dari berbagai sisi. Tidak hanya kondisi alam yang sangat indah, pulau ini pun memiliki kaya akan tradisi dan budaya. Tak heran jika wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, tidak henti-hentinya datang untuk mengagumi keindahan budaya maupun alam tanah para dewata.

Terakhir adalah promosi, fungsinya agar semua orang mengetahui soal keindahan dan keunggulan wisata yang dimiliki Kabupaten Kobar. Promosi menjadi bagian penting dalam pariwisata dan itu harus dilakukan.(*)

Berita Terbaru