Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Barito Selatan Pertanyakan Jembatan Titian Dirusak Kontraktor

  • Oleh Uriutu
  • 17 Oktober 2016 - 14:24 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Terkait banjir di Jalan Sanggu-Majundre, Ketua DPRD Barito Selatan, Tamarzam mempertanyakan jembatan titian dirusak oleh kontraktor. Banjir tersebut merupakan banjir tahunan yang mengakibatkan sungai pamatang kayu meluap karena intensitas hujan cukup tinggi sepekan belakangan ini, sehingga masyarakat tidak bisa melintasi jalannya.

'Namun saya tegaskan ini akibat kesalahan perencanaan pembuatan box culvert pematang kayu yang terlalu kecil dan tidak mampu menampung debit air saat banjir,' kata Ketua DPRD Barito Selatan, Tamarzam kepada Borneonews, Senin (17/10/2016).

Ia menegaskan, selain itu, dirinya mempertanyakan kenapa kontraktor menghancurkan jembatan titian hasil gotong royong masyarakat pada 2011. 'Sebelumnnya dengan jembatan itu meski banjir namun masih bisa dilewati oleh masyarakat. Mestinya kontraktor jangan membuang jembatan hasil swadaya masyarakat tersebut.'

Tamarzam meminta, agar jembatan titian dibangun kembali sampai pengerjaan jalan Sanggu-Majundre selesai dikerjakan. Selain itu, dia meminta dinas pekerjaan umum melakukan pengawasan secara proaktif.

Kepala Dinas PU Barsel, Silas mengatakan, terkait dengan banjir tersebut pihaknya akan segera mengintruksikan pihak kontraktor untuk meningkatkan box culvert tersebut. 'Kita akan meminta kontraktor meninggikan urukan box culvert, sehinga meski banjir tetap bisa dilalui.' (Uriutu Djaper/N).

Berita Terbaru