Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Kotawaringin Timur Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Bela Negara

  • Oleh Rafiuddin
  • 19 Desember 2016 - 22:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Bupati Kotawaringin Timur, M Taufiq Mukri mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran bela negara. Ini penting ditanamkan sebagai landasan sikap dan perilaku bangsa Indonesia. Juga sebagai bentuk revolusi mental sekaligus membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas dinamika ancaman sekaligus mewujudkan ketahanan nasional.

"'Wujud kesadaran bela negara merupakan tekad, sikap, perilaku dan tindakan  yang juga menjadi bagian dari upaya penguatan karakter dan jati diri bangsa yang berkepribadian dan berkebudayaan maka itu harus kita tingkatkan,' ungkap Wabup Kotim, Taufiq Mukri saat memimpin upacara Peringatan Hari Bela Negara 2016, di halaman Kantor Bupati Kotim, di Sampit, Senin (19/12/2016).

Selain itu dia juga menegaskan bahwa untuk membela negara tidak hanya dilakukan oleh pihak militer saja, namun juga dilakukan oleh yang bukan berstatus militer. Terutama untuk menghadapi ancaman yang datang dari non militer yakni ancaman tanpa bersenjata yang mempunyai kemampuan membahayakan atau berimplikasi mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara dan keselamatan segenap bangsa.

Taufiq juga menilai ancaman terhadap kedaulatan dan kelangsungan hidup negara semakin kompleks dan bersifat multidimensi serta berada di semua aspek kehidupan, seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi informasi, pertahanan dan keamanan, keselamatan umum serta legislasi.

"'Oleh karena itu  dibutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi akan tetapi juga memiliki kesadaran bela negara yakni memiliki kualitas sikap mental dan perilaku cinta tanah air dan rela berkorban demi kepentingan umum,' terangnya.

Disamping itu dia berharap seluruh masyarakat dapat berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi masing-masing sebagai wujud keikutsertaan dalam upaya bela negara. (RAFIUDIN/N).'

Berita Terbaru