Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalimantan Tengah Gelar Rakor Pendapatan Daerah

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 23 Desember 2016 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menggelar rapat koordinasi (Rakor) Pendapatan Daerah Kalteng 2016, Kamis (22/12/2016). Seluruh pemerintah daerah se-Kalteng melalui kepala dinas pendapatan daerah (Dispenda) diminta mengikuti rakor yang disebut-sebut merapatkan barisan untuk peningkatan pendapatan 2017 itu.

Kepala Dispeda Kalteng Jaya Saputra Silam menyebut, tujuan dilakukan rakor tidak hanya untuk 2017, tetapi menyamakan strategi dan rencana aksi dalam rangka pengamanan target tahun anggaran 2016 yang sebentar lagi akan berakhir, oleh seluruh komponen  yang berwenang dan yang bertanggungjawab terhadap pendapatan daerah.

'Ini sebagai salah satu upaya pencapaian target yang telah ditetapkan. Dukungan semua pihak baik dalam hubungan antar instansi pemungut sumber-sumber pendapatan daerah maupun instansi vertikal yang berhubungan dengan anggaran maupun pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng,'

'Karena hasil pencapaian target ini berpengaruh terhadap anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di provinsi Kalteng,' sambungnya.

Seluruh komponen yang berwenang dan bertangungjawab terhadap pendapatan daerah kata Jaya, adalah Provinsi Kalteng melalui pelaksanaan fungsi Dispenda sebagai kordinator bidang pendapatan daerah di Kalteng.

Tujuan berikutnya, adalah dalam rangka meningkatkan kualitas kordinasi baik secara horisontal maupun vertikal antara jajaran pemprov Kalteng dan pemerintah kabupaten/kota dalam rangka upaya intensifikasi, ekstensifikasi, dan optimalisasi terget pendapatan.

'Besok hari jumat akan ditindaklanjuti dapat teknis dengan UPTPPD sebagai langkah tindaklanjutnya,'tutup Jaya.

Sementara Gubernur Kalteng Sugianto Sabran diwakili Asisten I Eka Murni mengatakan, untuk mengamankan target pendapatan memang harus dilakukan dengan cara meningkatkan partisipasi seluruh pihak. Menurut gubernur, Kemandirian daerah berawal dari pendapatan daerah yang masuk.

'Dalam rangka peningkatan volume APBD maka diperlukan semangat tiap SKPD agar target tercapai. Karena ini semata untuk sejahterakan rakyat menuju Kalteng Berkah. Potensi yang ada di Kalteng saat ini masih cukuplah banyak. Kita bangun kemandirian daerah melalui pendapatan daerah yang bagus. Semakin kita besar pendapatan, semakin daerah ini mendiri, maka berkurang ketergantungannya kepada pemerintah pusat,' katanya. (M. MUCHLAS ROZIKIN/N).

Berita Terbaru