Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT Adaro Dinilai Lalai Salurkan Dana CSR Kepada Jenamas

  • Oleh H Laily Mansyur
  • 26 Desember 2016 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Perusahaan tambang batu bara PT Adaro dinilai lalai menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) 2016 pada wilayah Kecamatan Jenamas Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Padahal wilayah kecamatan tersebut termasuk area pelintasan operasional PT Adaro.

"Hingga akhir tahun ini pihak PT Adaro belum menyalurkan dana CSR. Padahal, itu salah satu  kewajiban dan tanggung jawab setiap perusahaan yang beroperasi di suatu wilayah," tegas tokoh masyarakat Jenamas H Sayutman H Lisa kepada PPost Senin (26/12/2016) di Buntok.

Mantan anggota DPRD Barsel itu menjelaskan, pada 2015, Kecamatan Jenamas mendapat bantuan tanggung jawab sosial perusahaan dari PT Adaro dalam bentuk bangunan fisik senilai Rp300 juta. "Tapi untuk tahun 2016 ini, sepertinya tidak ada. Karena pada akhirn Desember ini pihak perusahaan sudah pasti tutup buku," ujarnya.

Sayutman menilai PT Adaro tidak profesional dan lalai terhadap tanggung jawabnya. "Atau bisa saja dana tersebut disalah gunakan oleh oknum tertentu untuk keperluan lain hingga Kecamatan Jenamas terabaikan dan dirugikan."

Lurah Rantau Kujang Kecamatan Jenamas, Surian mengatakan, untuk tahun 2016 pihaknya belum menerima penyaluran dana CSR dari PT Adaro. "Karena jika itu memang ada, saya pasti tahu. Sebab saya pasti dilibatkan untuk turut serta dalam  menerima penyaluran bantuan itu, seperti tahun-tahun sebelumnya," terang Surian singkat. (H. LAILY MANSYUR/N).

Berita Terbaru