Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Kotim Minta Masyarakat Waspada Kriminalitas Saat Tahun Baru

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Desember 2016 - 16:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapolres Kotawaringin Timur, AKBP Hendra Wirawan melalui Kabag Ops Polres Kotim, AKP M Ali Akabar meminta masyarakat mewaspadai tindakan kriminalitas saat perayaan malam tahun baru dan juga siangnya saat berwisata. Kerawanan yang kemungkinana terjadi, pencopetan, penganiayaan, dan juga korban kembang api. 

'Momen tahun baru akan menjadi salah satu yang sangat ramai dirayakan warga, jadi sejumlah tempat nantinya menjadi pusat berkumpul orang-orang. Karena itu, harus hati-hati, karena pelaku kriminal bisa saja memanfaatkan untuk beraksi,' ujar Kabag Ops Polres Kotim, AKP M Ali Akbar, di Sampit, Selasa (27/12/2016).

Prediksi dari pihak Polres Kotim, kerawanan yang kemungkinana akan terjadi, pencopetan, penganiayaan, dan juga korban dari kembang api. Selain itu pada perayaan nanti juga bisa dipastikan akan menimbulkan kemacetan. Sehingga masyarakat harus lebih dewasa dan bersabar, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

'Yang pasti kami akan berupaya mengantisifasi hal itu, seperti melakukan patrol, pengamanan di sejumlah tempat keramaian, bahkan razia terhadap warga yang nekat melakukan hal negative lainnya,' ungkap Ali.

Dengan adanya hal itu, Ali berharap paling tidak dpat mengurangi potensi tindak pidana saat perayaan tahun baru.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada warga agar selalau memperhatikan barang bawaanya. Jangan sampai mengundang pelaku kriminal untuk bertindak. Pakaian minim dan juga perhiasan yang berlebihan juga dihindari. Sehingga keamanan bagi diri sendiri bisa terjaga.

Tidak hanya itu, bagi mayarakat yang hendak merayakan tahun baru di sejumlah tempat atau diluar lingkungannya, agar selalu memperhatikan rumah saat ditinggal.

'Yang pasti rumah harus dikunci, kompor atau lainnya juga diperhatiakan. Sehingga dapat meminimalisir adanya kejadian yang tidak diinginkan,' kata Ali.

Sementara untuk kemananan pada perayaan tahun baru, Polres Kotim sendiri sudah mendirikan tiga pos pengamanan, yang akan dijaga masing-masing 21 perosonel. Selain itu, sejumlah anggota lainnya juga ditugaskan untuk menjaga jalur-jalur rawan, seperti di sekitaran Taman Kota, Ikon Kota Patung Jelawat, dan juga Borneo City Mall yang menjadi pusat acara. (M. HAMIM/N).

Berita Terbaru